Pengaplikasian teknologi di berbagai bidang saat ini merupakan hal yang mutlak, seperti halnya pada dunia usaha. Jika berpikir bahwa teknologi hanya diperlukan bagi usaha berskala besar, maka hal ini salah besar. Karena faktanya, justru perusahaan berskala sedang bahkan kecil ternyata sangat membutuhkan sentuhan teknologi karena dapat memberikan manfaat efisiensi dan efektivitas secara menyeluruh.
Salah satu bentuk teknologi yang saat ini sangat penting bagi semua perusahaan adalah cloud computing atau komputasi awan.
Apa yang dimaksud dengan cloud computing atau komputasi awan ini?

Pengertian Cloud Computing
Cloud computing atau komputasi awan adalah layanan teknologi informasi dengan server virtual berskala besar yang memiliki fleksibilitas untuk kemudahan dalam menjalankan kegiatan. Pada dasarnya, dengan sistem cloud computing atau komputasi awan ini seluruh data dan program dapat disimpan serta diakses menggunakan internet dari perangkat keras atau gadget apa saja dan di mana saja.
Cloud computing atau komputasi awan ini juga telah banyak diimplementasikan pada berbagai aspek kehidupan, misalnya saja di dunia bisnis atau usaha, dimana kini telah ada banyak perusahaan yang memanfaatkan Cloud computing atau komputasi awan untuk menunjang sistem operasionalnya.

Manfaat Cloud Computing untuk Perusahaan
Semakin banyaknya perusahaan masa kini yang menggunakan teknologi Cloud computing atau komputasi awan tak lain dikarenakan adanya banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Setidaknya ada 5 manfaat cloud computing untuk perusahaan, yakni: biaya murah, efisiensi SDM, kapasitas sangat besar, meningkatkan sumber daya, mudah digunakan dan aman.
1. Biaya Murah
Jika memakai teknologi Cloud computing atau komputasi awan, maka akan bisa meminimalisir modal awal inventaris perusahaan karena tidak perlu membeli perangkat sistem TI besar, dan pastinya juga tanpa perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan, biaya tambahan perangkat komputer serta perangkat jaringan dan sebagainya. Cukup dengan menyewa layanan kepada penyedia atau provider cloud. Apalagi pada umumnya para provider atau penyedia layanan juga menawarkan pilihan harga yang dapat menyesuaikan kebutuhan setiap perusahaan.
2. Efisiensi SDM
Dengan berlangganan layanan penyedia cloud maka aktivitas pengelolaan, pemeliharaan dan penjagaan keamanan database, semua dilakukan oleh pihak provider atau penyedia layanan cloud. perusahaan pun tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pemeliharaan perangkat maupun biaya untuk merekrut dan menggaji staf khusus pengelola sistem teknologi informasi. Hal ini tentu bisa memberikan manfaat pada perusahaan agar bisa mengurangi biaya operasional.
3. Kapasitas Sangat Besar
Cloud computing atau komputasi awan memiliki kapasitas yang sangat besar, bahkan bisa dikatakan kapasitasnya ‘tak terhingga’. Dalam kondisi tertentu, jika dibutuhkan, maka perusahaan bisa meningkatkan kapasitas tanpa perlu membeli peralatan tambahan, cukup menghubungi pihak provider atau penyedia layanan Cloud computing atau komputasi awan yang digunakan.
4. Meningkatkan Sumber Daya
Dengan menggunakan Cloud computing atau komputasi awan maka sangat memungkinkan untuk dilakukan pembagian sumber daya antar pengguna secara bersama-sama. Dengan demikian, pemanfaatan keseluruhan sumber daya pun menjadi semakin optimal.
5. Mudah Digunakan dan Aman
Penggunaan sistem pada Cloud computing atau komputasi awan cukup sederhana, sehingga perusahaan tidak perlu merekrut staf tertentu atau staf khusus yang memiliki pengetahuan mumpuni di bidang teknologi. Semua staf bisa menggunakannya asalkan terhubung dengan internet. Pastinya juga aman, karena umumnya para provider akan fokus untuk menjaga performa dan keamanan database setiap perusahaan yang menggunakannya.

Seluruh manfaat Cloud computing atau komputasi awan ini juga bisa didapatkan dari TimeClock.iD yang concern dalam hal pemantauan data absensi karyawan berbasis teknologi Cloud computing yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan masa kini.
Dengan menggunakan TimeClock.iD maka perusahaan akan menjadi semakin mudah, efektif dan efisien dalam memanajemen atau mengelola kehadiran karyawan yang bekerja dari mana saja, dengan sistem manajemen kehadiran berbasis cloud agar produktivitas seluruh karyawan dapat terus meningkat drastis.
TimeClock merupakan teknologi berbasis Cloud computing atau komputasi awan, yang menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan HR dalam mengelola absensi karyawan dengan berbagai keunggulan, seperti:
– Sistem yang Terintegrasi
Data dari mesin absensi seperti data kehadiran, data karyawan, dan informasi kapasitas semua mesin absensi yang terhubung akan terkumpul dan sinkron secara otomatis, real-time dan terpusat pada sistem cloud.

– Nyaman dan Fleksibel
Dilengkapi fitur pendaftaran karyawan dari jarak jauh dan memungkinkan sinkronisasi data karyawan dari berbagai perangkat yang berbeda.

– Kontrol Keamanan Terjamin
Setiap data yang tersimpan dijamin aman dan akurat karena dikelola secara terpusat dan online.
Dengan segala keunggulan ini, TimeClock.iD menjadi teknologi berbasis Cloud computing atau komputasi awan pilihan terbaik untuk kelola absensi seluruh karyawan dari mesin absensi di berbagai lokasi kerja yang berbeda, sehingga manajemen kehadiran karyawan bisa lebih optimal.
Berbagai keuntungan atau manfaat TimeClock.iD juga bisa dinikmati karena berbasis sistem cloud yang bisa membantu mengelola data kehadiran karyawan dengan lebih mudah dan cepat, antara lain:
– Pemantauan Kehadiran Real-time
Kehadiran karyawan tercatat secara real-time atau saat itu juga, dan terpusat dari mesin absensi yang terletak di berbagai lokasi kerja.

– Pendaftaran Karyawan Jarak Jauh
Memungkinkan pengiriman perintah ke perangkat atau mesin absensi dalam mode pendaftaran karyawan jarak jauh, dan didukung dengan berbagai metode identifikasi.

– Pengaturan Zona Waktu
Dapat menyesuaikan waktu pada mesin absensi di berbagai lokasi kerja yang berbeda agar sesuai dengan zona waktu kantor.

– Pengaturan Absensi di Semua Tempat Kerja
Menyinkronkan data karyawan di mesin absensi yang berada di kantor lain agar karyawan bisa melakukan absensi di semua kantor. Ini sangat bermanfaat bagi karyawan yang harus sering berpindah-pindah lokasi kerja.

– Manajemen Kehadiran Lebih Mudah
Data kehadiran karyawan dapat diekspor dengan lebih cepat dan nyaman dalam file Microsoft Excel.

– Laporan Kehadiran Harian
Data absensi atau data kehadiran karyawan di tempat kerja dalam periode harian dapat diunduh dalam file Microsoft Excel.

– Pantau Kapasitas Mesin Absensi Lebih Cepat
Anda dapat melihat kapasitas perangkat atau mesin absensi secara online tanpa perlu melihat perangkat atau mesin absensi secara langsung.

– Mudah Digunakan
Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan sehingga dapat memberikan pengalaman manajemen absensi yang luar biasa.

– Hemat Biaya
Cukup dengan biaya berlangganan yang terjangkau untuk bisa menikmati seluruh manfaat solusi bagi semua jenis dan skala bisnis.

– Ideal untuk Berbagai Jenis Mesin Absensi
Terintegrasi dengan berbagai perangkat atau mesin absensi yang mendukung sistem ADMS.
Kabar baiknya, TimeClock.iD bisa digunakan pada semua merek mesin absensi ZK, bahkan yang bukan Fingerspot sekalipun.
Dengan begitu, maka perusahaan yang menggunakan mesin absensi apapun bisa memanfaatkan TimeClock.iD yang berbasis teknologi Cloud computing atau komputasi awan ini dengan mudah dan praktis.
Ingin lebih yakin apakah mesin absensi di perusahaanmu bisa pakai TimeClock.iD?
langsung saja konsultasi gratis di sini ya..


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *