Mengelola bisnis dengan banyak cabang sungguh tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang bakalan dihadapi para pemilik usaha, salah satunya terjun langsung untuk melihat bisnisnya. Waduuu kalo bisnisnya banyak apa ndak capek ya? Pasti capek banget nggak sih. Selain tidak efektif, cara ini juga tidak bisa diterapkan terus menerus. Oleh karena itu, para pemilik usaha perlu menerapkan tips berikut ini. Simak yuk!

Berikut tips untuk memudahkan pengelolaan usaha secara efisien:

1. Membangun tim dengan kompetensi yang kuat

Hal pertama yang perlu banget disiapkan adalah membangun kompetensi tim. Jika bisnis yang dijalankan hanya memiliki satu outlet saja dan kebetulan karyawan yang Anda miliki kurang kompeten, Anda pasti tetap mempertahankannya. Beda lagi jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, pasti Anda akan memilih karyawan-karyawan yang lebih kompeten di bidangnya.

Kompetensi karyawan dibutuhkan dan memiliki pengaruh terhadap pelayanan pelanggan. Semakin karyawan banyak karyawan yang berkompeten, maka semakin baik feedback yang akan Anda dapatkan dari pelanggan. Karena pelanggan merasa nyaman dan terpenuhi kebutuhannya.

2. Memberikan pelatihan kepada karyawan

3 tujuan training adalah sebagai menambah wawasan karyawan, mengasah kemampuan karyawan, dan menentukan sikap karyawan. Selain itu, memberikan pelatihan juga dapat mendukung kelancaran  operasional & produktivitas usaha. Training sendiri bisa dilakukan pemilik usaha sendiri, atau bisa juga pihak eksternal dengan mengundang trainer.

Adanya training ini dapat memberikan berbagai manfaat juga bagi pemilik usaha, diantaranya : memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil, mengurangi biaya karena waktu yang terbuang akibat kesalahan-kesalahan, meningkatkan penjualan dan profit, hingga meningkatkan mutu hasil kerja.

3. Selalu mengontrol bisnis

Salah satu cara yang tidak boleh dilupakan yaitu membangun kontrol operasional. Anda sebagai pemilik usaha juga tetap perlu menerapkan sistem kontrol bisnis yang sistematis. Masalah utama saat mengelola banyak outlet adalah sulit bekerja sama dengan karyawan yang berada di lokasi berbeda, contohnya dalam hal absensi kehadiran karyawan. Karena itu anda membutuhkan teknologi untuk memudahkan anda monitoring absensi kehadiran karyawan.

Dengan menerapkan teknologi yang tepat, Anda dapat menjalankan bisnis dengan sukses. Hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan absensi online fingerspot.io dengan fitur Daily Monitoring. Dengan fitur ini anda sebagai pemilik usaha tidak perlu mendatangi outlet satu per satu untuk melakukan rekapitulasi kehadiran. Fitur ini memiliki 3 tipe pemantauan kehadiran karyawan secara harian, antara lain: menampilkan daftar karyawan yang tidak hadir, karyawan yang datang terlambat, dan karyawan yang telah mengajukan izin.

Fitur Daily Monitoring ini akan memudahkan anda mengetahui kehadiran karyawan lebih praktis via ponsel melalui app fingerspot.io.

Nah itu tadi kawan 3 tips untuk mengelola usaha yang memiliki banyak cabang. Sudah siap membuka outlet baru? Yuk pakai fingerspot.io. Nikmati pengalaman menggunakan absensi online karyawan via ponsel untuk kemudahan rekapitulasi kehadiran karyawan dari mana saja via ponsel secara GRATIS. Klik disini untuk buat akun.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *