Seperti pembahasan mengenai fitur mesin absensi standalone di artikel sebelumnya, bahwa mesin absensi standalone yang menggunakan identifikasi jari maupun wajah memiliki banyak fitur yang mampu memberikan kemudahan, baik untuk kegiatan absensi maupun pengolahan absensi.

 Kali ini kita sampai pada pembahasan mengenal fitur-fitur mesin absensi standalone part 3, yaitu:

Fitur Mesin Absensi Standalone

5. Mendukung Layanan Cloud

Pada beberapa tipe mesin absensi sidik jari standalone juga dilengkapi dengan fitur layanan cloud atau mendukung BS Firmware, sehingga dapat dikoneksikan secara terpusat. Dapat dipantau lewat internet, di manapun posisinya, kapanpun waktu absen-nya.

contoh sistem absensi cloud

contoh sistem absensi cloud

 

6. Webserver

Adanya fitur webserver memungkinkan untuk dapat langsung mengakses mesin melalui web browser.

fitur webserver pada mesin absensi

fitur webserver pada mesin absensi

 

7. Fungsi Bel

Mesin dapat berbunyi pada jam-jam tertentu untuk menandai waktu masuk, istirahat maupun pulang.

fitur alarm bell pada mesin absensi

fitur alarm bell pada mesin absensi

8. Backup Battery

Backup battery merupakan baterai cadangan yang berfungsi untuk mensuplai daya mesin saat terjadi listrik padam. Baterai ini biasanya rechargeable, yang artinya dapat diisi ulang. Mirip dengan baterai handphone. Kemudian ada dua jenis baterai cadangan ini, yaitu removable dan non removable. Keuntungan baterai yang removable adalah:

  • Bisa dipasang dan dilepas kapan saja sesuai dengan kebutuhan.
  • Dalam kondisi jauh dari sumber listrik, kita bisa membaca baterai lebih dari satu untuk candangan lebih banyak.
internal backup battery

internal backup battery

9. Interval Scan

Fitur ini berfungsi untuk membatasi scan yang dobel. Karyawan hanya perlu scan sekali saja dalam satu waktu. Jika scan sudah diterima, maka dia tidak diizinkan untuk scan lagi untuk beberapa saat.

Fitur interval scan juga berfungsi untuk menghemat kapasitas mesin serta agar tidak menyulitkan perhitungan absensinya di software.

fitur interval scan

fitur interval scan

10. Status Absensi

Fitur status absensi pada masing – masing tipe mesin standalone memiliki jumlah yang tidak selalu sama, ada yang memiliki 6, 8, atau 10 pilihan status absensi. Pada mesin absensi standalone yang memiliki 10 pilihan status absensi, secara default terdiri dari masuk, pulang, istirahat, kembali, mulai lembur, selesai lembur, mulai rapat, selesai rapat, custom1 dan custom2.

Melihat status absensi

Melihat status absensi

11. Self Service Query

Fitur ini memungkinkan karyawan untuk bisa melakukan pengecekan scannya sendiri di dalam mesin. Caranya tekan tombol OK, setelah itu karyawan bisa melakukan scan sidik jari. Kemudian akan ditampilkan daftar scan absen karyawan tersebut dalam rentang waktu tertentu.

fitur self service query

fitur self service query

12. Pilihan Bahasa

Mesin absensi standalone yang memberikan kemudahan dalam penggunaannya juga memiliki fitur pilihan bahasa. Pada umumnya tersedia 2 bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris, baik itu teks menu mesin maupun suara dari mesin.

pilihan bahasa pada mesin absensi

pilihan bahasa pada mesin absensi

13. Mendukung Akses Kontrol

Fitur ini dapat digunakan untuk menentukan siapa saja yang diberi hak akses untuk membuka pintu ruangan.

fitur access control di mesin absensi

fitur access control di mesin absensi

14. Self Service Reader

Adanya fitur Self Service Reader (SSR) dalam mesin memungkinkan untuk dapat mengatur data karyawan dan menghasilkan laporan absensi langsung dalam mesin tanpa menggunakan software absensi tambahan. Laporan absensi yang ditarik menggunakan flashdisk disajikan dalam bentuk file excel.

fitur self service reader di mesin absensi

fitur self service reader di mesin absensi

15. USB Data Encryption

Fitur ini mampu mengubah data absensi yang ter-download ke USB Flashdisk menjadi kode rumit sehingga tidak mudah dimanipulasi. Karyawan tidak dapat mengubah data scan di mesin sehingga keamanan data scan karyawan tetap terjaga.

fitur usb data encryption

fitur usb data encryption

Demikianlah pembahasan fitur-fitur pada mesin absensi standalone. Adanya berbagai fitur tersebut menjadi keunggulan yang semakin memudahkan penggunaan mesin absensi serta pengolahan data absensi.

Semoga informasi tentang mengenal fitur-fitur mesin absensi standalone part 3 ini bisa bermanfaat.


2 Comments

Mengenal Lebih Dalam Fitur SSR di Mesin Absensi | Blog Fingerspot.com · April 30, 2018 at 6:51 am

[…] artikel sebelumnya kita telah membahas fitur – fitur yang ada di mesin absensi standalone. Fitur – fitur yang ada di mesin absensi standalone tersebut masing – masing memiliki kelebihan […]

Mengenal Sistem Akses Kontrol Pintu (Access Door Control System) · May 23, 2018 at 6:59 am

[…] kita kenal saat ini memiliki sistem berbasis elektronik. Dimana dalam sistem tersebut terdiri dari beberapa perangkat elektronik yang saling […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *