Saat ini sangat umum kita jumpai tempat – tempat yang didalamnya memiliki batasan ruang yang tidak bisa diakses dengan leluasa. Misalnya saja di mall, kantor, hotel, bahkan rumah pun kini telah banyak yang menerapkan pembatasan akses masuk ke ruangan tertentu. Faktor keamanan dan kenyamanan biasanya menjadi pertimbangan utama diterapkannya pembatasan akses masuk. Alat yang digunakan biasa disebut dengan Door Access Control atau Akses Kontrol Pintu.

Door Access Control atau Akses Kontrol Pintu adalah sebuah sistem untuk mengatur akses ke suatu ruangan dengan menempatkan sistem perangkat kontrol pada pintu. Pemanfaatan Akses Kontrol Pintu ini merujuk pada usaha membatasi akses masuk ke properti, bangunan, atau suatu ruangan yang hanya diperuntukkan bagi orang – orang tertentu yang memiliki kewenangan untuk mengaksesnya.

Pada umumnya akses kontrol pintu yang kita kenal saat ini memiliki sistem berbasis elektronik. Dimana dalam sistem tersebut terdiri dari beberapa perangkat elektronik yang saling berkaitan.

Tipe Perangkat Akses Kontrol Pintu

Untuk tipe akses kontrol yang berbasis elektronik, setidaknya sistem ini terdiri dari 2 bagian, yaitu:

1. Bagian controller

2. Kunci elektronik

Kedua bagian ini ada yang terpisah sehingga dalam penggunaannya harus dirangkai terlebih dahulu. Selain itu, ada pula yang sudah dalam bentuk satu paket dimana bagian controller dan kunci elektronik jadi satu. Berikut ini beberapa tipe dari perangkat akses kontrol pintu:

1. Mesin akses kontrol standalone

Jenis ini terdiri dari 2 bagian, yaitu mesin dan kunci elektronik. Mesin berfungsi sebagai reader sekaligus controller. Pada umunya 1 mesin hanya bisa digunakan untuk mengontrol 1 pintu.

akses kontrol pintu standalone

2. Mesin akses kontrol centralized

Mesin akses kontrol tipe ini menggunakan controller panel untuk mengontol reader, lock beserta seluruh aksesorisnya. Panel tersebut memiliki kemampuan untuk mengontrol beberapa lock sekaligus, serta dapat terkoneksi dengan panel lainnya. Mesin akses kontrol tipe centralized ini dapat digunakan untuk mengontrol banyak lock dalam satu gedung secara terpusat.

akses kontrol pintu centralized

3. Mesin akses kontrol berbentuk handle

Pada tipe ini antara mesin reader dan bagian lock menjadi satu. Sekilas bentuknya nampak sama dengan handle pintu pada umunya, hanya saja pada Mesin akses kontrol berbentuk handle ini dilengkapi dengan sistem elektronika. Bentuknya yang praktis membuat mesin akses kontrol pintu tipe ini sangat tepat digunakan pada rumah, kantor maupun hotel.

 akses kontrol pintu handle

Demikianlah sekilas informasi untuk mengenal akses kontrol pintu (Door Access Control) Bagian 1. Simak informasi selanjutnya untuk lebih mengenal teknologi akses kontrol pintu pada edisi berikutnya di Bagian 2.


1 Komentar

Mengenal Akses Kontrol Pintu (Door Access Control) Bagian 2 | Blog Fingerspot.com · Juni 22, 2018 pada 8:25 am

[…] artikel sebelumnya, kita telah mengetahui 3 jenis sistem akses kontrol pintu, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *