Sudahkah perusahaan Anda menerapkan edukasi dan pelatihan atau training karyawan secara berkesinambungan? Mengapa hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan? Pada dasarnya program edukasi dan training karyawan yang dilakukan secara berkesinambungan atau rutin merupakan cara termudah untuk mengembangkan dan meningkatkan sumber daya intelektual perusahaan. Karyawan menjadi semakin terlatih dan semakin menguasai pekerjaannya sehingga kinerjanya menjadi semakin baik, mampu lebih aktif dalam melibatkan diri di lingkungan kerja, dan pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi perusahaan.

Begitu besar efek yang akan dirasakan perusahaan ketika secara berkala melakukan program edukasi dan training karyawan. Namun tentunya program edukasi dan training karyawan ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Untuk itu, sebelumnya harus dipahami terlebih dahulu tentang seluk beluk program edukasi dan training karyawan ini.

Edukasi dan training karyawan dapat diartikan pula sebagai upaya pelatihan dan pengembangan karyawan. Ada banyak sekali pengertian yang dikemukakan oleh para ahli, seperti William G Scott yang mendefinisikannya sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan mengembangkan pemimpin untuk mencapai efektivitas pekerjaan individual yang lebih besar dan hubungan antar pribadi dalam organisasi yang lebih baik, serta menyesuaikan pemimpin kepada konteks seluruh lingkungannya.

Sedangkan pada Undang – Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan menjelaskan bahwa pelatihan kerja merupakan keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Dari berbagai penjelasan mengenai edukasi dan training karyawan dapat disimpulkan bahwa program ini sangat penting karena dapat:

1. Meningkatkan produktivitas karyawan
Naik turunnya tingkat produktivitas karyawan merupakan hal yang wajar terjadi di setiap perusahaan. Karyawan paling berprestasi sekalipun bisa berada pada titik terendah produktivitasnya. Dengan adanya program edukasi dan training yang rutin, maka karyawan dapat selalu menaikkan kembali produktivitasnya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

2. Meningkatkan kompetensi karyawan
Karyawan berkemampuan pas-pasan pada bidang kerjanya akan memiliki kecenderungan suka bekerja di zona nyaman, sulit berkembang, susah menerima ilmu dan tugas baru, serta tidak dapat memberikan kontribusi lebih pada perusahaan. Dengan memberikan edukasi dan training pada seluruh karyawan, maka setiap karyawan dapat meningkatkan kemampuan di bidang kerjanya serta berkesempatan untuk meraih jenjang karier yang lebih baik.

3. Mempermudah operasional perusahaan
Masih berhubungan dengan poin 2 dimana karyawan yang dengan rutin mengikuti program edukasi dan training yang diberikan oleh perusahaan dapat meningkatkan kemampuan di bidang kerjanya, maka mereka pun dapat membantu perusahaan untuk memperlancar operasional sesuai dengan perubahan teknologi.

4. Persiapan promosi karyawan
Pemberian apresiasi pada karyawan berprestasi penting untuk dilakukan. Ada banyak cara dan bentuk apresiasi yang bisa diberikan oleh perusahaan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Salah satunya adalah dengan memberikan promosi, baik promosi kenaikan gaji, jabatan, dan berbagai promosi lainnya. Namun, yang perlu diperhatikan bahwa perusahaan harus benar-benar objektif dalam menilai dan menentukan karyawan yang berprestasinya. Semakin banyak karyawan berprestasi dalam suatu perusahaan maka ini adalah hal yang baik. Karena keberadaan sumber daya manusia yang bermutu di dalam sebuah perusahaan akan dapat membantu perusahaan untuk semakin maju. Karyawan yang berprestasi bisa dibentuk melalui sebuah langkah persiapan yang berkesinambungan, yakni dengan memberikan program edukasi dan training karyawan.

5. Sarana pengenalan organisasi kerja
Edukasi dan training karyawan juga dapat membantu setiap karyawan untuk mengenal organisasi kerjanya, sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap tuntutan kerja dan operasional perusahaan sejak hari pertama masuk kerja hingga hari-hari kerja berikutnya. Dengan demikian maka kebutuhan keterampilan, pengetahuan dan sikap karyawan akan sesuai dengan pribadi perusahaan dan menjadi kekuatan untuk meraih kemajuan bersama.

Pemberian edukasi dan training karyawan secara rutin atau berkesinambungan sangat bermanfaat baik bagi karyawan sendiri maupun perusahaan. Oleh sebab itu, sebaiknya perusahaan melakukan persiapan sebaik mungkin agar program edukasi dan training bisa berhasil dan memberikan hasil sesuai harapan.

Sudah banyak perusahaan yang berhasil melakukan edukasi karyawan maupun training karyawan dengan menggunakan fitur E-Learning dari Fingerspot.iO.

Apa saja kemudahan yang sudah dirasakan oleh banyak perusahaan yang sudah menggunakan fitur E-Learning:

  1. Fitur ini memudahkan karyawan untuk mengakses materi yang mendukung produktivitas saat bekerja karena dapat diakses kapan pun dan di mana pun.
  2. Akses berbagai file materi seperti file PDF, maupun video di akun App FiO karyawan yang diakses di ponsel.
  3. Atasan dapat mengatur hak akses materi E-Learning untuk karyawan sehingga manajemen perusahaan dapat menentukan materi apa saja yang dapat diakses oleh karyawan tertentu.
  4. Dengan fitur ini tentu perusahaan tidak perlu memakan waktu lama untuk memberikan penyuluhan mengenai materi yang digunakan untuk kebutuhan produktivitas kinerja karyawan.

Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas merupakan investasi terbaik perusahaan. Segera gunakan Fingerspot.iO dan manfaatkan fitur E-Learning untuk membantu program edukasi dan training karyawan yang lebih praktis, efektif dan ekonomis.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *