Secara harfiah, komunikasi adalah proses bertukar informasi dari komunikator dan komunikan. Sedangkan pada kehidupan sehari-hari, komunikasi bisa dipahami sebagai sebuah aktivitas alamiah yang dilakukan oleh setiap manusia pada suatu unit sosial tertentu untuk menyampaikan sebuah informasi, menjalin dan menjaga hubungan, hingga menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu unit sosial yang terdapat komunikasi di dalamnya adalah tempat kerja atau perusahaan. Pada setiap tempat kerja atau perusahaan yang melibatkan lebih dari satu orang untuk bekerja sama pasti terjalin komunikasi baik eksternal, yaitu antara perusahaan dengan klien atau customer, serta komunikasi internal antar staf, maupun dengan atasan.

Esensi komunikasi di tempat kerja tentu berbeda dengan komunikasi di tempat lainnya. Hal ini dikarenakan tempat kerja atau perusahaan merupakan tempat dimana terdapat lebih dari satu orang yang harus dapat bekerja sama dengan baik demi meraih tujuan perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan apakah komunikasi internal perusahaan yang telah berjalan selama ini sudah baik dan optimal.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat jika komunikasi internal perusahaan dijalankan dengan baik dan optimal, antara lain:

1. Mempermudah penerapan aturan perusahaan
Aturan perusahaan adalah aturan yang dibuat secara tertulis oleh pengusaha yang memuat syarat-syarat kerja dan tata tertib perusahaan. Setiap perusahaan pastinya memiliki aturan tersendiri yang disesuaikan dengan karakter dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Aturan-aturan yang telah disusun harus dikomunikasikan, disampaikan atau disosialisasikan pada seluruh staf perusahaan untuk diterapkan agar mereka bisa lebih mudah dalam bekerja yang sesuai dengan kaidah perusahaan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah di dalam pembuatan peraturan perusahaan perlu dilakukan bimbingan teknis secara berkesinambungan agar aturan tersebut dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. untuk itu, setiap perubahan aturan harus segera dikomunikasikan pada setiap staf perusahaan dengan cepat dan tepat.

2. Meningkatkan hubungan baik internal perusahaan
Mengapa hubungan baik di kalangan internal perusahaan perlu ditingkatkan? Sudah tentu agar tercipta kerja sama yang baik. Jika hubungan antar sesama staf atau antara staf dengan atasan terjalin dan terjaga dengan baik, maka akan semakin mudah dalam memahami tujuan bersama. Bahkan setiap staf bisa termotivasi untuk memberikan loyalitas, tenaga dan pikiran yang lebih maksimal pada perusahaan tempatnya bekerja. Hubungan kerja yang harmonis akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi tumbuhnya motivasi. Hubungan kerja yang harmonis bisa terjalin antar staf maupun dengan atasan. Dengan adanya hubungan baik atau harmonis ini akan menciptakan suasana saling berbagi mentalitas dalam kebersamaan. Menurut seorang penulis dan motivator internasional, Alexander Kjerulf, bersosialisasi dan mengenal setiap staf perusahaan dalam jalinan komunikasi yang baik akan dapat menumbuhkan rasa saling percaya dan bekerja sama dengan lebih baik. Contoh bentuk-bentuk komunikasi yang dapat meningkatkan hubungan baik di kalangan internal perusahaan ini seperti: mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih, ulang tahun, belasungkawa, dan sebagainya. Komunikasi ini bisa diucapkan secara langsung atau melalui media teknologi.

3. Membantu proses kerja
Kelancaran komunikasi di tempat kerja atau perusahaan dapat membantu kemudahan proses kerja, seperti: menyampaikan informasi terkini, mempermudah pengambilan keputusan, hingga menangani konflik atau masalah yang tengah dihadapi divisi tertentu dalam perusahaan. Berbagai informasi seputar pekerjaan biasanya memiliki korelasi atau bisa berdampak pada pekerjaan pada divisi lainnya. Untuk itu sebaiknya hal-hal yang terjadi terkait pekerjaan yang sekiranya lebih baik untuk diketahui pihak-pihak tertentu pada perusahaan harus segera dikomunikasikan. Seringkali konflik atau masalah yang timbul pada internal perusahaan disebabkan oleh ketidaktahuan pihak-pihak tertentu akan suatu hal penting yang terjadi. Sehingga sangat penting untuk mengkomunikasikan setiap informasi dengan cepat dan tepat.

Untuk berbagai informasi perusahaan ini sebaiknya dikomunikasikan oleh pihak manajemen perusahaan agar informasi yang diterima karyawan lebih tepat dan valid. Komunikasi yang berisikan informasi penting perusahaan harus dapat disampaikan dengan cepat dan mudah diakses oleh seluruh staf perusahaan. Manfaatkan fitur Pengumuman di Fingerspot.iO agar manajemen perusahaan dapat membagikan informasi mengenai apapun yang kemudian akan ternotifikasi di App FiO Karyawan.

Bagaimana fitur Pengumuman ini bekerja?

Komunikasi internal perusahaan sangat penting karena dapat mempengaruhi kelancaran proses kerja secara keseluruhan untuk mencapai tujuan perusahaan. Percayakan urusan kelancaran komunikasi internal perusahaan Anda pada fitur Pengumuman di Fingerspot.iO sekarang juga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *