Tahukah Anda? Bahwa studi dari New York Times tentang pola asuh anak (parenting) mulai dari era 2015 sudah didominasi oleh orangtua dengan model modern parenting. Yakni, orangtua yang rela menggelontorkan materi demi pendidikan terbaik anaknya.

Bahkan orangtua menjadi lebih aktif dan teliti dalam menentukan pilihan bagi pendidikan anaknya. Termasuk identitas sekolah, pola asuh dan model pendidikan sekolah, hingga kecanggihan atau sistem modern yang bisa memberikan kemudahan bagi orangtua dalam memantau perkembangan anaknya.

Lalu, bagaimana cara untuk menciptakan sekolah yang mudah mendapatkan kepercayaan orangtua?
Sekolah memang membutuhkan School Branding yang baik. Terlebih di era digital yang memberikan banyak keuntungan dan kemudahan ini.

Anda bisa menciptakan sekolah yang sinergi, melalui 6 cara ini:

  1. Presentasikan program sekolah
    Ketika orangtua sudah memilih sekolah Anda untuk pendidikan anaknya, maka orangtua tersebut sudah menganggap sekolah Anda adalah yang terbaik.Suatu hal yang dapat memperkuat kepercayaan para orangtua adalah dengan mempresentasikan berbagai program yang sudah dibuat, saat pertemuan di awal tahun dengan para orangtua.
  1. Membuat dokumentasi lengkap kegiatan sekolah
    Jangan sampai lembaga pendidikan Anda hanya berlabel ungkapan manis tanpa adanya bukti. Orangtua dengan modern parenting sangat membutuhkan bukti nyata akan berbagai program yang dilakukan sekolah.
    Maka dari itu buatlah dokumentasi, laporan kegiatan, foto, video atau berbagai program menarik, seperti majalah, buletin sekolah dan media internal untuk di perlihatkan kepada para orangtua.
  1. Ciptakan lingkungan sekolah yang aman
    Maraknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada anak yang terjadi di lingkungan sekolah, tentu saja membuat orangtua manaruh kekhawatiran. Maka dari itu, sebelum mereka menanyakan kasus seperti ini, maka beritahu orangtua tentang kemanan sekolah Anda.
    Anda bisa melakukannya dengan cara menyediakan fasilitas kemanan, seperti : satpam profesional, alarm keamanan, alat-alat keamanan pendukung, hingga sistem pendidikan dan komunikasi yang memadai untuk meminimalisir risiko. Mengingat, di jaman modern ini sudah banyak aplikasi komunikasi untuk sekolah yang bisa memantau aktivitas anak di sekolah, seperti penjemputan anak, status anak di sekolah, bahkan identitas penjemputnya.
    Jadi, mulai terapkan hal ini sekarang!
  1. Bangun School Branding di media sosial
    Orangtua akan semakin percaya dengan sekolah pilihannya, jika semakin banyak fakta baik yang bisa diakses masyarakat umum. Jaman sekarang media sosial, web, hingga blog merupakan cara cepat untuk menciptakan image atau membangun branding.
    Kelola media sosial sekolah Anda menjadi berbobot, edukatif dan mampu menceritakan keunggulan sekolah Anda. Selain mempu membangun kepercayaan orangtua terhadap sekolah, hal ini juga bisa menjadi salah satu starategi marketing. Orangtua yang sudah percaya dengan sekolah, akan menjadi orangtua yang loyal dan mudah berbagi informasi tentang sekolah anaknya di media sosial masing-masing.
  1. Komunikasi 2 arah dengan cara modern
    Jika Anda masih menerapkan cara lama untuk menyebarkan pengumuman, maka hal ini akan membuat orangtua lama mendapatkan info sekolah terbaru. Sudah saatnya, Anda menggunakan aplikasi untuk mengirimkan pesan atau info sekolah langsung ke ponsel orangtua.
    Saat ini, sudah banyak aplikasi mobile yang mendukung sistem komunikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, para orangtua akan lebih percaya dengan sekolah yang memiliki sistem komunikasi yang baik dan modern.
    Mengapa demikian? Karena hal ini berhubungan dengan pembaruan info terhadap anak-anaknya di sekolah. Selain cepat, teknologi ini juga dinilai efektif dalam meningkatkan interaksi orangtua dengan pihak sekolah.
  1. Menyampaikan laporan kehadiran anak secara berkala
    Kendala kebanyakan orangtua adalah susah mengetahui informasi tentang kehadiran anaknya saat di sekolah. Apakah sang anak sudah sampai di sekolah tepat waktu, pulang tepat waktu, berisitirahat dan kembali belajar tepat waktu, dan sebagainya.
    Jika sekolah bisa menyampaikan laporan absensi ini secara berkala kepada orangtua, maka hal ini menjadi salah satu keunggulan sekolah Anda.
    Maka dari itu, sekolah bisa menggunakan software absensi sekolah untuk menyampaikan laporan kehadiran atau absensi siswa secara online ke ponsel masing-masing orangtua. Baik laporan scan absensi harian, bulanan, hingga semester. Bahkan layanan absensi sekolah ini bisa memberikan banyak manfaat lain yang

Jika Anda ingin menciptakan sekolah yang ingin mendapatkan kepercayaan orangtua siswa, maka 6 cara sangat membantu. Segera laksanakan, karena orangtua dengan model modern parenting akan menyukai 6 hal tersebut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *