Pastikan perusahaan Anda sudah memiliki struktur organisasi yang jelas. Sebab, struktur organisasi perusahaan adalah suatu hal yang penting dan mendasar.

Ada beberapa perusahaan yang memulai usahanya tanpa memikirkan struktur organisasi. Kebanyakan dari mereka lebih suka bekerja atas dasar penunjukkan posisi secara lisan, tanpa ada struktur yang jelas. Padahal hal ini sangat dasar dan berdampak pada perkembangan usaha itu sendiri.

Struktur organisasi perusahaan adalah sebuah susunan unit kerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Struktur ini berfungsi sebagai petunjuk atas pembagian kerja, fungsi, hingga cara dasar untuk mencapai keuntungan maksimal dalam sebuah perusahaan.

Perlu Anda waspadai, perusahaan tanpa struktur organisasi yang jelas, akan susah mengontrol sumber daya manusia di dalamnya.

Inilah 5 alasan, mengapa struktur organisasi perusahaan itu penting:

1. Memperjelas pekerjaan karyawan

Tentunya Anda tidak ingin mempekerjakan karyawan dengan pekerjaan yang tidak jelas bukan?
Karena itu struktur organisasi perusahaan bisa menjadi penentuan dasar untuk membagi tugas dan tanggung jawab karyawan.
Dengan pembagian kerja yang jelas, maka karyawan bisa bekerja dengan maksimal dan menyelesaikan targetnya dengan fokus.

2. Memperjelas dan mempermudah koordinasi antar karyawan

Hal ini penting untuk menciptakan komunikasi yang baik bagi perusahaan. Tidak heran jika, banyak perusahaan memasang peta struktur organisasinya pada suatu ruang yang mudah dijangkau oleh karyawan.

Tujuannya, agar karyawan tahu siapa atasan langsung, hingga atasan tertinggi yang membawahi mereka. Sehingga karyawan mudah dalam melakukan koordinasi dengan siapa, pada bagian apa, dan untuk keperluan apa.
Dengan begitu, komunikasi bisa berjalan lancar sesuai prosedur perusahaan, tanpa ada lempar-tangkap tanggung jawab antar karyawan.

3. Mengurangi konflik internal

Hal ini sangat membantu HRD atau personalia dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaannya.
Bahkan untuk berbagai lini, seperti pengelolaan absensi, evaluasi kerja, hingga pertanggungjawaban karyawan secara personal, sangat terpusat dengan struktur organisasi ini.

Mengapa?

Karena melalui struktur organisasi perusahaan, HRD atau personalia bisa melakukan koordinasi atau menegur penanggung jawab (koordinator) sesuai dengan jabatan masing-masing. Hal ini akan meminimalkan konflik dan untuk penyelesaian permasalahan secara adil.Maka tidak heran jika kini banyak HRD atau personalia yang memanfaatkan berbagai aplikasi penunjang pekerjaannya dengan fitur struktur organisasi yang mudah dibaca dan diatur.

4. Meningkatkan motivasi karyawan untuk jenjang karir yang jelas

Bagaimana rasanya jika Anda melihat buah yang semakin banyak di atas pohon?
Tentu Anda ingin berusaha mengambilnya, satu per satu hingga yang tertinggi.

Adanya struktur organisai perusahaan, dapat membuat karyawan semakin termotivasi untuk meningkatkan performa kerjanya. Hal ini membuat perusahaan Anda memiliki karyawan yang berpotensi, karena mereka termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

5. Membantu pencapaian target lebih cepat

Apa kaitan struktur organisasi perusahaan dengan pencapaian target?
Jika karyawan Anda jumlahnya masih terbilang sedang, mungkin tidak akan jadi masalah apabila harus melakukan koordinasi pada setiap karyawan.

Tapi bayangkan, jika divisi atau bagian kerja di perusahaan Anda berjumlah banyak, saat melakukan koordinasi, rapat dan berbagi ide, mungkin harus membutuhkan waktu berhari-hari.Namun, apabila ada struktur organisasi yang jelas, maka atasan dapat dengan mudah mengontrol dan membagi tugas dari setiap penanggung jawabnya.

Hal ini tentu akan mempercepat aksi dan pencapaian target perusahaan.

 

Setelah membaca 5 alasan di atas, apakah Anda masih memandang sebelah mata keberadaan sebuah struktur organisasi perusahaan?
Karena itu, buatlah struktur organisasi perusahaan dengan jelas, jika masih rancu atau tidak teratur, maka segeralah membenahinya.

Hal ini penting dilakukan demi kebaikan laju perkembangan usaha Anda.


1 Komentar

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Struktur Organisasi · Januari 31, 2023 pada 10:16 am

[…] Anda memiliki struktur organisasi? Pada beberapa kesempatan yang lalu kita pernah membahas Pentingnya struktur organisasi bagi perusahaan. Karena dengan memiliki struktur organisasi maka pekerjaan karyawan akan menjadi lebih jelas, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *