Semakin berkembang teknologi saat ini, semakin banyak pula hal baru yang diluncurkan. Seperti halnya AI (Artificial Intelligence) yang sedang banyak dibicarakan. Sebenarnya Artificial Intelligence ini apa sih, banyak sekali orang-orang yang mendukung dan bahkan banyak juga yang menolak kehadiran teknologi ini.

Pengertian Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan yang di program dengan memiliki kemampuan intelektual manusia. Dimana program ini dapat diterapkan pada sistem komputer atau ke suatu perangkat mesin. Artificial Intelligence (AI) dibangun dengan beberapa program seperti : Computer Vision, Machine Learning, Natural Language Program, dan Deep Learning. Sistem yang berjalan pada AI di desain untuk memecahkan permasalahan kognitif dengan kecerdasan manusia, seperti belajar, berpikir, penciptaan dan pengenalan gambar.

Kawan, tahu nggak sih? Program-program yang dipakai untuk merancang AI memiliki fungsi keren lho. Computer Vision merupakan suatu sistem yang dapat mengartikan dan mengerti informasi / data visual. Karena itu sistem AI dapat mengenali objek yang ada di dalam gambar atau video. Machine Learning merupakan sistem yang bisa mempelajari pola & membuat sebuah perkiraan. Natural Language Program adalah sistem yang memungkinkan komputer mengerti, memproses, dan menciptakan bahasa yang mirip dengan cara kerja manusia dalam interaksi. Deep Learning sendiri merupakan sistem pembelajaran mesin dengan jaringan bertingkat untuk pengolahan data dalam jumlah besar.

Mengutip dari laman Tech Target, Artificial Intelligence mempunyai focus beberapa aspek keterampilan kognitif yang meliputi :

Learning : Aspek Artificial Intelligence (AI) berfokus pada pengumpulan data & pembuatan aturan untuk mengubahnya menjadi suatu informasi yang dapat diambil tindakan. Aturan ini disebut algoritma yang dapat memberikan petunjuk pada komputer tentang cara menyelesaikan tugas tertentu.

Reasoning : Aspek kecerdasan buatan ini berfokus pada pemilihan algoritma yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan pengguna.

Selfcorrection : Aspek Artificial Intelligence (AI) dirancang untuk menyempurnakan algoritma dan memastikan bahwa mereka memberikan hasil yang paling akurat.

Creativity: Aspek Artificial Intelligence (AI) ini ditujukan untuk dapat menghasilkan gambar, teks, musik, dan ide baru.

Kelebihan Artificial Intelligence (AI)

  1. Dapat memangkas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan
  2. Menghemat biaya untuk tenaga kerja manusia dan meningkatkan produktivitas
  3. Menyajikan hasil pekerjaan yang konsisten
  4. Dapat memberikan layanan setiap waktu 24/7

Kekurangan Artificial Intelligence (AI)

  1. Pengembangan AI membutuhkan biaya yang besar dan memerlukan keahlian teknis yang mendalam.
  2. Sangat bergantung pada data untuk hasil yang lebih akurat.
  3. Berpotensi mengurangi pekerjaan manusia

Itulah penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari Artificial Intelligence yang perlu kawan Fingerspot ketahui. Selain informasi apa itu Artificial Intelligence, kawan Fingerspot juga perlu mengetahui nih siapa kami hehe

Halo salam kenal, Kami Fingerspot

Fingerspot merupakan perusahaan teknologi informasi berbasis pengenalan biometrik, layanan web service, software absensi, dan aplikasi mobile karyawan. Kami terus berinovasi dan telah berpengalaman lebih dari 20 tahun untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan di berbagai sektor bisnis dan institusi Pendidikan. Didukung dengan layanan purna jual yang memiliki Customer Care Centre di 13 kota di Indonesia. Dan juga tersedia layanan Customer Care Online di website fingerspot.com.

Sudah mulai mengenal kami nih dan makin penasaran? Yuk Mengenal Kami Lebih Dekat. KLIK DISINI

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *