Penggunaan kunci pintar atau smart door lock kini makin diminati sehingga dengan mudah ditemukan pada bangunan atau ruang usaha seperti hotel, kos-kosan, apartemen, perkantoran, toko dan sebagainya, hingga rumah pribadi.

Tertarik untuk menggunakan kunci pintar atau smart door lock? Sebaiknya ketahui dulu kekurangan dan kelebihannya..

 

Kekurangan Smart Door Lock

  1. Lupa Kode

Jika hendak mengakses ruangan menggunakan verifikasi kode atau password maka diperlukan kemampuan mengingat kode atau password dengan benar. Ini akan cukup menyulitkan bagi orang-orang yang pelupa atau sulit menghafal kode. Apalagi demi memaksimalkan keamanan para pengguna smart door lock juga dianjurkan untuk mengganti kode atau password secara berkala.

 

  1. Akses Sidik Jari Sulit Terdeteksi

selain menggunakan kode sandi atau password, kunci pintar juga menawarkan metode akses biometrik dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint. Namun ada kalanya akses sidik jari sulit dideteksi oleh sistem unit pada kondisi permukaan sidik jari yang sedang terluka atau tergores.

 

  1. Kerusakan Unit

Alat smart door lock yang tanpa disadari tengah mengalami kerusakan atau terjadi masalah pada sistemnya maka bisa menimbulkan kegagalan akses, sehingga pengguna tidak bisa membuka pintu. Kerusakan unit atau trouble yang terjadi pada sistem seperti ini tentu membutuhkan penanganan dari seorang ahli teknis.

 

  1. Baterai Habis

Beberapa jenis smart door lock menggunakan baterai sebagai sumber daya agar bisa difungsikan. Sayangnya, cukup banyak smart door yang tidak memberikan peringatan saat daya baterai mulai melemah.

 

  1. Listrik Padam

Selain menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, saat ini banyak pula smart door lock yang menggunakan listrik sebagi sumber daya. Kegagalan akses bisa terjadi manakala listrik tengah padam.

 

  1. Biaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa smart door lock atau kunci pintar harganya lebih mahal daripada kunci manual. Hal ini dikarenakan perbedaan material dan kecanggihan teknologi yang menyertainya.

Dengan adanya beberapa kekurangan seperti di atas lantas masih perlukah kita menggunakan kunci pintar atau smart door lock?

Ya, tentu saja, karena pada umunya beberapa kekurangan tersebut hanya akan ditemukan pada produk kunci pintar ‘abal-abal’ yang tidak jelas dari sisi merek, kualitas, originalitas, bahkan tanpa garansi maupun dukungan layanan purna jual. Berbeda dengan produk kunci pintar atau smart door lock profesional yang justru memiliki banyak kelebihan sehingga layak untuk dipertimbangkan penggunaannya.

 

Kelebihan Smart Door Lock

  1. Meningkatkan Keamanan Karena Mudah Pantau Akses Keluar Masuk Ruangan

Kunci pintar atau smart door lock memungkinkan pemberian hak akses pada orang-orang tertentu saja sehingga lebih mudah memantau siapa saja yang bisa memasuki suatu ruangan. Jika diaplikasikan di kantor maka pemberian hak akses pada staf tertentu bisa diberlakukan pada ruang khusus yang hanya boleh diakses staf yang berkepentingan saja. Misalnya, pada ruang server, ruang penyimpanan dokumen penting, ruang tempat brankas dan sebagainya. Apabila diaplikasikan di rumah, maka selain dipasang di pintu utama rumah, bisa juga diberlakukan pada ruangan khusus untuk privacy anggota keluarga tertentu. Misalnya ruang kerja, ruang santai pribadi dan sebagainya.

 

  1. Lebih Nyaman Karena Kunci Tidak Bisa Tertinggal atau Hilang

Masalah paling umum yang banyak terjadi pada penggunaan kunci manual adalah kunci teringgal atau bahkan hilang, sehingga akan sangat kesulitan untuk bisa masuk ke dalam ruangan, kantor atau rumah. sedangkan kunci pintar atau smart door lock tidak memerlukan kunci fisik yang membutuhkan penyimpanan dan tidak perlu repot membawanya karena bisa diakses dengan sistem biometrik seperti sidik jari atau memasukkan kode sandi.

 

  1. Tidak Perlu Kunci Darurat/Duplikat

Berhubungan dengan masalah kunci tertinggal atau hilang pada kunci manual, maka solusi yang umum dilakukan adalah menggunakan jasa pembuatan kunci darurat/duplikat yang pastinya membutuhkan biaya. Selain itu, kunci darurat/duplikat ini juga seringkali malah menimbulkan masalah tesendiri manakala disimpan di bawah keset atau area tertentu di luar rumah yang memungkinkan diketahui oleh oknum jahat. Sedangkan kunci pintar atau smart door lock tidak memerlukan kunci darurat/duplikat.

 

  1. Anti Was-Was Akibat Lupa Mengunci

Kunci pintar atau smart door lock memiliki teknologi yang memungkinkan untuk menutup dan mengunci pintu secara otomatis sehingga tidak perlu merasa was-was ketika lupa menutup atau mengunci saat meninggalkan ruangan, kantor, toko, apartemen, kos-kosan atau rumah.

 

  1. Hemat Waktu

Kunci pintar atau smart door lock dapat memangkas waktu pada aktivitas menutup, mengunci dan membuka pintu karena sistemnya otomatis dan cepat. Hanya memerlukan waktu sekitar 3 hingga 5 detik saja. Ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan akivitas menutup, mengunci atau membuka pintu dengan kunci manual yang membutuhkan waktu beberapa menit.

 

  1. Lebih Aman dengan Beberapa Pilihan Metode Akses

Penggunaan kunci pintar atau smart door lock sangat aman karena sistemnya sangat terstruktur yang terdiri dari 5 kait dibandingkan dengan kunci pintu manual yang hanya memiliki struktur penguncian 2 kait sehingga mudah dibobol. Selain itu, pada kunci pintar atau smart door lock tidak terdapat lubang kunci, melainkan unit pendeteksi atau pembaca biometrik seperti sidik jari atau fingerprint. Jika kesulitan mengakses pintu dengan sidik jari, misalnya karena permukaan jari sedang terluka, maka bisa menggunakan alternatif pilihan metode akses lain, yakni dengan menekan kode sandi atau password. Namun, jika lupa dengan password atau kodenya, maka bisa menggunakan kartu magnetik. Bahkan, pada kunci pintar atau smart door lock profesional kini juga bisa dikendalikan melalui ponsel pintar atau smartphone.

 

  1. Mudah Dipasang

Meski pada umumnya instalasi atau pemasangan kunci pintar atau smart door lock dilakukan dengan menggunakan bantuan tenaga teknis, namun untuk proses pemasangannya sendiri terbilang mudah dan cepat karena kunci pintar atau smart door lock bisa dipasang di semua jenis pintu.

 

  1. Praktis dan Mudah Dipakai

Anggapan bahwa kunci pintar atau smart door lock yang berteknologi tinggi ini sulit untuk digunakan adalah salah besar. Justru sangat mudah, bahkan siapapun akan bisa langsung mengerti dengan membaca keterangan atau instruksi yang diberikan oleh staf instalasi.

 

  1. Tampilan Elegan dan Modern

Kunci pintar atau smart door lock sangat ideal digunakan pada pintu rumah, apartemen, hotel, berbagai ruangan, toko, kantor hingga kos-kosan karena bisa memberikan kesan modern pada eksterior dan interior ruang dengan tampilannya yang futuristik dalam aneka desain, bentuk dan warna yang bisa dipilih sesuai selera.

 

  1. Lebih Awet

Kunci pintar atau smart door lock profesional bisa dikatakan lebih ekonomis atau hemat karena pemakaiannya yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Casing­-nya Terbuat dari bahan logam yang berkualitas dan kuat, menjadikannya lebih awet daripada kunci manual.

 

5 Rekomendasi Smart Door Lock Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi produk kunci pintar atau smart door lock berkualitas dan terbaik yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan:

  1. Revo A-193GSC
  2. Kunci pintar multi identifikasi yang bisa diakses dengan sidik jari atau fingerprint, kartu dan password. Sangat cocok untuk pintu kaca frameless. Memiliki beragam keunggulan, seperti:
    • Bisa dipasang sendiri
    • Tidak membutuhkan keahlian khusus
    • Tanpa ganti handle pintu
    • Model pintu fleksibel
    • Sensor sidik jari semikonduktor
    • Daya tahan teruji
    • Menu user friendy
    • Layanan tes fungsi dan keadaan alat sebelum membeli
    • Fitur normal open mode yang bisa diatur sesuai kebutuhan
    • Data yang tersimpan di dalam sistem alat bisa diintegrasikan ke semua alat yang dimiliki
    • Bisa auto replace data
    • Tersedia laporan akses dalam bentuk file Excel
    • Hemat energi dengan usia pemakaian batterai antara 4 hingga 6 bulan
    • Terdapat notifikasi saat baterai akan habis
    • Bisa memakai power bank sebagai emergency power
    • Memungkinkan pengaturan waktu pada alat

     

    1. Revo A-192WSC

    Memiliki fitur-fitur unggulan yang sama seperti Revo A-193GSC, namun Revo A-192WSC ini lebih dikhususkan untuk pintu berbahan kayu, aluminium dan sejenisnya.

     

    1. A-191C

    Kunci pintar yang juga dapat digungsikan tanpa harus terhubung dengan komputer ini berbahan logam kuat dan dapat diakses menggunakan kartu dan PIN. Tersedia 3 pilihan mode penggunaan, yakni standalone, reader dan controller yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Memiliki desai minimalis dengan backlight pada tombol sentuhnya, sehingga nyaman dipakai dalam kondisi gelap.

     

    1. HL-100S

    Kunci pintar berbentuk handle pintu elegan dengan reader yang dipasang terpisah. Bisa diakses menggunakan kartu maupun kunci manual dalam keadaan darurat. Dilengkapi dengan notifikasi alarm saat daya baterai melemah. Didukung berbagai special card seperti master card, emergency card, guest stop card, lost card dan sebagainya.

     

    1. HL-800T

    Memiliki fitur-fitur unggulan yang hampir sama dengan HL-100S, dengan perbedaan yang terletak pada desainnya, yakni HL-800T memiliki desain handle pintu yang sudah menjadi satu dengan reader-nya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *