Selamat datang di era baru dunia pendidikan.. sebuah masa yang menggeser sistem lama menjadi sistem lebih modern yang dikenal dengan digitalisasi pendidikan. Tak semua siap, namun semua harus menghadapi konsekuensi logis dari perkembangan zaman ini.
Mengapa demikian? Karena di masa sekarang ini, implementasi sistem digitalisasi pendidikan mampu memberikan berbagai manfaat atau keunggulan yang mustahil didapat dari sistem lama.

MANFAAT DIGITALISASI PENDIDIKAN
Berikut beberapa manfaat atau keunggulan yang bisa didapat dari penerapan digitalisasi di dunia pendidikan:
1. Menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa
Menilik kembali data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan di sepanjang tahun 2020 jumlah pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi yaitu mencapai 6,8 juta. Sebanyak 2,64% pengangguran berlatar belakang pendidikan SD ke bawah, disusul SMP sebanyak 5,02%, kemudian 5,73% dari Universitas, 6,77% SMA, dan 6,67% lulusan Diploma. Ketergantungan lulusan sekolah atau universitas terhadap lapangan kerja dilihat oleh banyak pengamat sebagai faktor besar yang menyebabkan tingginya angka pengangguran di Indonesia. salah satu manfaat adanya digitalisasi pendidikan adalah sebagai solusi akan permasalahan ini. sistem pendidikan digital menyediakan ruang bagi siswa untuk mampu berpikir kritis dan fokus pada problem solving, sehingga semakin menumbuhkan para inventor muda. Kemajuan dan kemudahan akses teknologi digital yang dilandasi pendidikan mampu menumbuhkan jiwa entrepeneur siswa ke depannya. Berbagai perusahaan startup yang kian bermunculan merupakan salah satu indikasi tercapainya manfaat digitalisasi pendidikan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa.

2. Meningkatkan daya saing siswa di masa depan
Siswa yang mengenyam digitalisasi pendidikan juga akan menjadi lebih dekat dengan teknologi industri yang akan mempermudah mereka dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Hal ini akan semakin meningkatkan daya saing siswa di masa depan untuk meraih karir impiannya. Bahkan persaingan global sekalipun bisa ditembus. Transformasi digital kini membuat batasan wilayah dan waktu negara tak lagi berlaku secara penuh. Dengan penerapan digitalisasi pendidikan di setiap sistem sekolah dan universitas seperti halnya yang dilakukan oleh negara-negara lain di dunia, maka siswa akan mampu bersaing di tingkat global.

3. Menambah kredibilitas sekolah dan universitas
Siswa yang lulus kemudian mampu menjadi seorang yang sukses tentu secara tidak langsung akan mengangkat nama, reputasi dan kredibilitas sekolah atau universitasnya. Sekolah atau universitas yang bersangkutan bisa menjadi institusi pendidikan yang banyak didambakan oleh para calon siswa dan orangtua. Bahkan hal ini mampu membuka peluang besar terjalinnya kerja sama dengan berbagai perusahaan atau organisasi lainnya.

TANTANGAN DAN SOLUSI BAGI SEKOLAH/UNIVERSITAS HADAPI DIGITALISASI PENDIDIKAN
Digitalisasi pendidikan dan segala manfaatnya dapat diraih dengan diawali oleh adanya digitalisasi manajemen sekolah yang sesuai. Digitalisasi manajemen sekolah merupakan bagian dari digitalisasi pendidikan yang termasuk di dalamnya yaitu perangkat dan platform pembelajaran serta tenaga pendidik yang dapat mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran yang efektif.
Namun, pada kenyataannya sistem dan kultur pembelajaran di Indonesia yang berubah drastis berbasis teknologi digital membuat pihak sekolah, orangtua dan siswa harus cepat beradaptasi. Tak urung perubahan yang sifatnya darurat ini menimbulkan kepanikan hingga muncul beragam keluhan akan sistem baru yang dirasa sulit untuk diterapkan.
Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan penggunaan aplikasi manajemen sekolah yang mudah digunakan dan mampu memberikan manfaat menyeluruh bagi sekolah, siswa dan orangtua seperti FEdu.iO. fitur-fitur yang ada pada FEdu.iO mampu mendukung tercapainya manfaat digitalisasi pendidikan bagi siswa dan orangtua seperti: pemantauan perkembangan anak secara realtime mulai dari nilai ujian, kegiatan anak, pembayaran sekolah anak, hingga absensi kehadiran di ponsel melalui App FEdu. Sekolah juga dapat melaksanakan efisiensi akademik, meliputi: kegiatan belajar mengajar mulai dari materi pembelajaran, mengatur jadwal belajar & ujian, hingga perencanaan kurikulum menjadi lebih praktis. Dapat juga memaksimalkan potensi sekolah, antara lain: kemudahan kegiatan administrasi, akses informasi, sarana komunikasi serta pengolahan data inventori sekolah.
Dalam kondisi sekolah, siswa dan orangtua yang sudah terbiasa menggunakan teknologi pada sistem belajar mengajar dan administrasi, maka segala aktivitas yang berhubungan dengan sekolah dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Sehingga berbagai manfaat digitalisasi pendidikan bisa dirasakan dan mudah terealisasikan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *