Di dalam lingkungan kantor yang begitu sibuk maupun rumah dengan aktifitas penghuninya yang tidak terlalu padat nyatanya sama-sama membutuhkan sistem kemanan yang tinggi. Penggunaan perangkat pengendali pintu merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan sistem keamanan di berbagai tempat yang dibutuhkan. Perangkat pengendali pintu yang dimaksud adalah akses kontrol pintu yang dapat memberikan manfaat pencegahan pada pihak yang tidak berwenang untuk memasuki ruangan tertentu.

Jika sebelumnya penggunaan kunci biasa dirasa sudah cukup untuk mengamankan suatu ruangan, maka dengan semakin berkembangnya teknologi, cara ini mulai ditinggalkan karena tidak lagi efektif untuk kondisi kemanan saat ini. Banyak yang telah beralih pada penggunaan akses kontrol pintu digital yang hadir sebagai media untuk mengatasi berbagai kelemahan yang terdapat pada kunci biasa. Hal ini dikarenakan akses kontrol pintu yang bisa disebut juga dengan kunci digital atau kunci elektronik memiliki cara kerja dengan level kemanan yang lebih tinggi.

Bagaimana kah sebenarnya sebuah sistem akses kontrol pintu bekerja? mari coba kita pahami sedikit tentang cara mendasar bagaimana sistem akses kontrol pintu bekerja untuk meningkatkan kemanan akses ruangan Anda!

 

  1. Data User Masuk ke Reader

Setiap user yang hendak diberi hak untuk dapat mengakses suatu ruangan yang terpasang akses kontrol pintu maka sebelumnya harus didaftarkan dulu datanya. Data user ini bisa berupa PIN atau password atau yang kita juga biasa menyebutnya dengan ‘kata sandi’. Selain itu bisa juga dengan kartu atau bahkan jika mesin akses kontrol pintu tersebut telah mendukung penggunaan identifikasi biometrik maka bisa juga dalam bentuk pengambilan template sidik jari atau wajah. Setelah data awal dari user didaftarkan, maka selanjutnya bisa digunakan untuk mengakses ruangan. Cukup dengan memasukkan PIN/password/kata sandi atau melakukan scan sidik jari maupun wajah pada akses kontrol yang telah terpasang, selanjutnya informasi tersebut akan diteruskan dan diolah lebih lanjut pada sistem berikutnya dalam akses kontrol.

 

  1. Reader Mengirim Informasi ke Panel Kontrol

Mesin akses kontrol pintu yang juga sebagai reader akan mengirim informasi yang baru saja dimasukkan user ke panel kontrol. Panel kontrol akan membandingkan informasi yang baru saja diterimanya dengan data awal yang sudah tersimpan untuk kemudian disetujui ataukah ditolak.

 

  1. Respon Akses

Pada sistem akses kontrol pintu, seluruh log transaksi yang terjadi akan tersimpan di database, termasuk proses pencocokan informasi yang baru masuk dengan daftar informasi atau data yang telah tersimpan di database. Jika tidak cocok, maka akses ditolak dan pintu tetap terkunci. Namun jika ditemukan kecocokan maka akses diterima, sehingga panel kontrol akan memerintahkan relay untuk membuka pintu dan user bisa membuka dan memasuki ruangan tersebut.

Dalam sistem akses kontrol pintu pada umumnya hanya fokus untuk mengendalikan akses masuk ruangan. Sedangkan untuk akses keluar ruangan biasanya tidak dilakukan pembatasan. Dalam hal ini sangat umum ditemui penggunaan push-button yang cukup ditekan untuk membuka pintu dari dalam ruangan atau untuk keluar ruangan. Ada juga yang menggunakan alat motion detect yang secara otomatis mampu mendeteksi adanya gerakan di dekat pintu yang kemudian akan memicu terbukanya pintu keluar. Akan tetapi jika mengharapkan sistem kemanan yang lebih tinggi maka tidak ada salahnya untuk melakukan pembatasan akses keluar berupa pembaca akses di kedua sisi pintu yakni sisi luar dan dalam ruangan. Sehingga untuk bisa membuka pintu dari dalam atau keluar ruangan maka user diharuskan untuk melakukan proses yang sama seperti saat ia hendak mengakses masuk ruangan, yaitu dengan memasukkan PIN/password/kata sandi, menggunakan kartu, scan sidik jari atau wajah.

Setelah memahami sekilas cara kerja sistem akses kontrol pintu, jadi semakin yakin ya kalau akses kontrol pintu ini memang memiliki cara kerja yang cukup kompleks untuk meningkatkan keamanan akses ruangan di rumah maupun di kantor. Yuk, segera pasang akses kontrol pintu di rumah dan di kantor. Pilih akses kontrol yang jelas kualitasnya ya! seperti A-191C persembahan Fingerspot.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *