Siapa yang tak kenal kota Surabaya? Jika membahas kota ini pasti langsung teringat dengan Persebaya maupun Walikotanya yang sangat berdedikasi tinggi bernama Tri Rismaharani atau biasa dipanggil dengan nama Bu Risma. Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 3 Mei 2019, telah diresmikan Maspion IT (MIT) Surabaya untuk memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi yang semakin canggih. CEO Maspion Group, Alim Markus berkata bahwa peningkatan jumlah pengguna internet saat ini berdampak pada meningkatnya permintaan perangkat-perangkat teknologi.”Keberadaan IT mampu mendorong penyerbaran informasi dengan cepat, sekaligus menumbuhkan ekonomi yang adil dan merata,” katanya dalam rilisnya, Jumat (3/5/2019).Alim Markus menambahkan keberadaan MIT yang berada di Maspion Square Surabaya itu akan menjadi pusat teknologi terbesar di Indonesia Timur.

Fingerspot sebagai salah satu leading vendor mesin absensi dan software absensi juga turut hadir memeriahkan acara tersebut, karena sudah menjadi bagian dari MIT dan telah beroperasi sejak 11 April 2019.

Tujuan dari dibukanya show room dan service center baru ini tidak lain adalah Fingerspot ingin berada lebih dekat dan memaksimalkan pelayanan kepada para pelanggan di area Surabaya dan sekitarnya.

Kini Fingerspot Surabaya lebih mudah dijangkau dan siap melayani berbagai kebutuhan system absensi yang profesional, sparepart, service, serta demo training produk Fingerspot.

Kalian bisa langsung berkunjung ke alamat Maspion IT Blok F21 – 23, Jl. Ahmad Yani No. 73, Surabaya.

  

Kalau berkunjung ke Kota Surabaya yang juga menjadi surganya para pecinta kuliner, maka kalian wajib tahu berbagai variasi makanan di kota Pahlawan ini. Rasanya tidak cukup wisata 1 hari saja untuk mencicipi semua aneka kuliner Surabaya yang terkenal lezat dan tak terlupakan. Bahkan, Surabaya selalu mengadakan agenda rutin menyiapkan festival makanan setiap tahun.Jadi, sebelum berwisata di kota Surabaya sebaiknya list dulu makanan khas Surabaya apa saja yang wajib kalian coba.

  1. Sate Kelapa Ondomohen

Buat orang awam yang belum tahu pasti mengira kelapa kok dibikin jadi sate. Padahal sate ini terbuat daging sapi yang sudah diiris tipis, diberikan lumuran kelapa sebelum dibakar. Makanan ini bisa ditemui di sekitar daerah Genteng. Rasanya? Dijamin enak dan mantap!

  1. Sego Sambel

Pecinta kuliner sejati pasti tidak bisa lepas dengan makanan-makanan pedas. Nah, kuliner pedas khas Surabaya yang wajib kalian coba adalah Sego Sambel. Ciri khasnya adalah nasi hangat dituang dengan sambel tomat.Pedasnya yang menggugah selera membuat banyak orang terpincut. Pilihan lauknya pun bermacam-macam mulai dari tempe dan tahu goreng, telur dadar, ikan pe, ikan pari, serta ayam. Biasanya makanan ini dijual saat malam hari dan dapat ditemukan di daerah Jagir, Wonokoromo. Ayo, cobain langsung!

  1. Lontong Balap

Makanan tradisional yang di dalamnya terdapat lontong, tauge, tahu goreng, lentho (kacang yang dimasak dengan cara khusus), bawang goreng dan kuah ini ternyata memiliki sejarah yang unik. Berdasarkan cerita warga Surabaya, Lontong Balap dijajakan ke pasar dengan membawa kemaron (wadah tanah liat). Karena banyaknya penjual Lontong Balap dan kapasitas pasar yang terbatas akhirnya setiap pagi mereka berangkat pagi naik sepeda kebut-kebutan. Karena memiliki cita rasa tersendiri, makanan ini pun menjadi kegemaran warga Surabaya dan wisatawan. Biasanya di jual di daerah mana? Langsung saja cari di sekitar daerah Sawahan, Krembangan, dekat SMKN 2 Surabaya, Embong Malang atau di Jl. Prof. Dr. Moestopo.

  1. Rujak Cingur

Kalian pasti sudah tak asing dengan makanan khas Surabaya ini. Dalam bahasa Jawa, cingur berarti “mulut” yaitu irisan mulut atau moncong sapi yang direbus. Rujak cingur terdiri dari timun kerahi (khas Jawa Timur), mangga muda, nanas, bengkoang, kedondong, tahu, tempe, lontong, taoge, kangkung dan kacang panjang. Kemudian bahan-bahan tersebut disiram dengan bumbu ulek (petis, udang, bawang goreng, gula merah, cabai, kacang tanah, dan lain-lain). Rujak cingur yang paling enak ada di daerah Genteng, Surabaya. Nikmat rasanya sekaligus bikin kenyang seketika.

  1. Semanggi, pecel khas Surabaya

Kalau Madiun terkenal dengan pecelnya, maka Surabaya juga memiliki pecel yang dinamakan Semanggi. Makanan ini terdiri dari daun semanggi yang dikukus kemudian disiram dengan bumbu khas yang terbuat dari ketela rambat sehingga rasanya manis. Biasanya makanan semanggi dihidangkan di atas pincuk (wadah dari daun pisang) dengan kerupuk uli sebagai sendoknya. Hidangan ini dapat ditemui di daerah Benowo atau di Taman Bungkul saat ada CarFreeday.

  1. Tahu Campur

Salah satu makanan khas Surabaya yang wajib kalian coba adalah tahu campur. Bahan yang digunakan adalah tahu putih, campuran tauge, daging, selada, mie telur, dan kuah dari rebusan sandung lamur (daging bagian dada bawah sapi). Tahu campur ini terasa gurih karena terdapat bahan rujak seperti petis dan cabai. Penasaran bagaimana rasanya? Yuk, makan tahu campur ini di daerah Kalasan, Tambaksari.

 

  1. Lontong Kupang

Jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kalian bisa mencicipi Lontong

 Kupang yang rasanya gurih namun sedikit asam. Lontong kupang terdiri dari lontong, lentho, dan kerang kecil yang disiram dengan kuah berbumbu bawang putih, cabai, juga petis. Kemudian, di atasnya diberi bawang goreng untuk menggugah selera. Lebih nikmat lagi kalau ditemani dengan segelas air kelapa yang segar. Ayo, ajak keluarga dan teman-teman menikmati makanan ini di daerah Tenggilis, Manyar atau di Sidoarjo!

 

  1. Es Krim Zangrandi

Karena Surabaya identik dengan cuaca terik, makan es krim yuk. Di Surabaya ada kedai es krim terkenal yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an yang ada di depan Balai Pemuda. Cita rasa es krimnya yang tak pernah berubah dari zaman dulu membuat orang selalu merasakan nostalgia saat menikmatinya. Nilai tambahnya es krim di kedai ini selalu memakai bahan alami sehingga aman untuk kesehatan. Selain menghidangkan es krim juga ada siomay, pastel, kroket, risoles, kentang goreng, dan pizza, lho. Jangan lupa mampir ke sini, ya!

Bagaimana? Sudah siap menjelajahi Kota Surabaya dan mencicipi makanan khasnya?

Makan es krim Zangrandi

Di kota Surabaya

Mau cari mesin absensi?

Ke Fingerspot saja ya

 

Sumber gambar : Maspion Square Event

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *