Membangun dan menjaga kepercayaan sangatlah penting untuk dilakukan oleh semua perusahaan. Tak hanya kepercayaan pada publik atau pihak luar perusahaan, kepercayaan pihak internal perusahaan seperti karyawan juga tidak kalah penting. Setiap perusahaan harus seimbang antara membangun dan menjaga kepercayaan ke luar atau eksternal dan ke dalam atau internal. Jika perusahaan hanya fokus memperkuat reputasi serta kepercayaan ke luar dengan mengesampingkan kepercayaan ke dalam, maka hal ini akan dapat menimbulkan akibat yang fatal bagi kelangsungan usaha.

Anggapan bahwa penguatan kepercayaan eksternal lebih penting daripada internal adalah keliru. karena ternyata secara tidak langsung masyarakat umum atau publik akan percaya pada perusahaan ketika mereka mengetahui bahwa perusahaan tersebut telah mampu memberikan kenyamanan pada karyawannya dan tampak berkembang dengan tim yang solid.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hubungan yang harmonis antara perusahaan dan karyawan akan dapat menumbuhkan iklim kerja yang baik dan berdampak pada kegiatan operasional perusahaan yang lancar. Ketika karyawan merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan, maka akan tercipta rasa memiliki, kreativitas, motivasi diri, dan keinginan untuk mencapai prestasi.

APA ITU KEPERCAYAAN INTERNAL PERUSAHAAN?

Kepercayaan internal perusahaan dapat didefinisikan sebagai kepercayaan dari karyawan untuk menerima tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dan bekerja sama dengan perusahaan, atas dasar keyakinan bahwa perusahaan menghargai mereka (karyawan) dan berniat baik terhadap mereka. Dimana dalam kepercayaan internal ini terdapat beberapa dimensi dasar yang harus terpenuhi yakni integritas, kompetensi, konsistensi, loyalitas, perilaku pemimpin, dan keterbukaan.

MANFAAT KEPERCAYAAN INTERNAL PERUSAHAAN

Merujuk pada pendapat ahli komunikasi organisasi dalam Pucetaite, Lamsa, & Novelskaite, 2010, didapati sejumlah manfaat kepercayaan internal antara karyawan pada perusahaan, antara lain:

  1. Meningkatkan efektivitas
  2. Menciptakan kerja sama tim yang sukses.
  3. Meminimalisir risiko dan biaya operasional perusahaan.
  4. Meningkatkan komitmen dan produktivitas

Sedangkan dari Brockner et al, 1997, didapati manfaat kepercayaan internal sebagai berikut:

  1. Meningkatkan partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan.
  2. Menciptakan atmosfir kerja yang aktif.
  3. Meningkatkan identifikasi, loyalitas dan keterlibatan karyawan dengan perusahaan.
  4. Meningkatkan komitmen kerja karyawan pada perusahaan.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN INTERNAL PERUSAHAAN

Ada beragam faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan internal atau karyawan pada perusahaan. Berdasarkan Paile, Bordeau & Galois, 2010, dapat dipahami bahwa karyawan akan percaya pada perusahaan jika:

  1. Perusahaan menunjukkan kejujuran dan integritasnya.
  2. Sebelumnya karyawan telah memiliki pengalaman sendiri atau mendapat informasi bahwa perusahaan dapat diandalkan terkait perlakuannya pada karyawan. dalam hal ini perusahaan terbukti mengikuti dan mematuhi norma-norma, nilai-nilai dan prinsip-prinsip moral yang telah disepakati.

CARA MEMBANGUN KEPERCAYAAN INTERNAL PERUSAHAAN

Pada kenyataannya tidak ada satu pun perusahaan di dunia ini yang dapat mengendalikan kepercayaan yang pernah dialami karyawan di waktu yang sebelumnya. Namun, setiap perusahaan mampu bertindak cepat dalam membangun kepercayaan di lingkungan kerja. Cara-cara berikut ini bisa ditempuh sebagai upaya membangun sekaligus menjaga kepercayaan karyawan pada perusahaan, antara lain:

  1. Berlaku Adil dan Bijaksana

Perlakuan yang adil dan bijaksana dari perusahaan bisa dicontohkan dengan penegakan aturan dan prosedur perusahaan yang jelas. Jika didapati karyawan dari level dan divisi apapun yang melakukan kesalahan, maka lakukan pemanggilan dan berikan teguran atau peringatan serta sanksi sesuai aturan yang telah disepakati. Dari sini akan terlihat keadilan yang dijunjung oleh perusahaan. Namun, lakukan dengan cara yang bijaksana, karena bagaimana pun juga karyawan adalah manusia yang butuh dihargai dalam kondisi apapun. Tidak perlu memarahinya di depan karyawan lain atau di depan forum, ini hanya akan menambah beban mental karyawan yang bersangkutan dan mengurangi rasa percayanya pada perusahaan. Cukup dengan melakukan pemanggilan atau teguran secara personal yang lebih elegan dan bijak. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini, Anda dapat memanfaatkan Fitur Broadcast Pengumuman pada Fingerspot.iO yang dapat di setting sebagai Internal Memo untuk mengirim teguran pada karyawan tertentu yang melakukan kesalahan atau pelanggaran kerja tersebut. Karyawan yang bersangkutan dapat segera melihat pengumuman yang khusus hanya ditujukan pada dirinya langsung dari App FiO di ponselnya, kapan saja dan di mana saja ia berada tanpa sepengetahuan rekan kerja lainnya.

 

  1. Keterbukaan Informasi bagi Setiap Karyawan

Salah satu hal yang cukup disayangkan bahwa hingga saat ini masih ada saja perusahaan yang dengan sengaja menutup informasi yang sifatnya umum menjadi terbatas hanya pada staf tertentu saja. Padahal keterbukaan adalah sesuatu yang umum pada perusahaan yang ingin dapat terus tumbuh dan berkembang. Apabila informasi tersebut bersifat personal maka perusahaan bisa menyampaikannya langsung hanya pada yang berangkutan, misalnya saja rincian gaji. Ini adalah informasi yang merupakan hak setiap karyawan, namun sifatnya personal. Tentu bukanlah hal yang sulit bagi perusahaan untuk menyampaikan informasi ini pada karyawan, baik yang bekerja di kantor, di kantor cabang pada lokasi lain, ataupun di rumah. Penyampaian rincian atau slip gaji bisa dengan cepat dan mudah dilakukan berkat Fitur Terima Slip Gaji Karyawan pada Fingerspot.iO yang memungkinkan karyawan dapat mengakses slip gaji di ponsel kapan saja dan di mana saja melalui App FiO. Slip gaji ini dilengkapi dengan rincian yang memudahkan karyawan untuk mengecek jumlah gaji yang diterima. Namun jika informasi bersifat umum maka perusahaan bisa memanfaatkan Fitur Broadcast Pengumuman pada Fingerspot.iO yang dapat di setting untuk mengirimkan infomasi ke semua karyawan.

 

Begitu mudah bukan, cara membangun sekaligus menjaga kepercayaan karyawan pada perusahaan ini. Membangun kepercayaan dan komunikasi yang jelas antara karyawan dan perusahaan sangat  bermanfaat untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Dengan Fingerspot.iO proses membangun dan menjaga kepercayaan internal ini akan menjadi lebih mudah, praktis, cepat dan juga lebih efisien.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *