Bekerja di bidang pengembangan sumber daya manusia atau human resource development (HRD) tentu harus mengimbangi kebutuhan karyawan yang dinamis seiring perkembangan zaman.

Salah satu hal yang paling terasa perkembangannya adalah sistem Human Resources Information System (HRIS) . Yakni, teknologi untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan dan mengakses data karyawan dengan mudah, di mana saja dan kapan saja.

Banyak alasan, mengapa HRD era ini harus menggunakan sistem Human Resources Information System (HRIS). Salah satunya, perihal akurasi data dan kepraktisannya.

Lalu, apakah Anda sudah menggunakan teknologi terkini untuk menjalankan tugas sebagai HRD?

Karena itu, kenali apa saja kebutuhan HRD era sekarang, termasuk hal-hal yang dibutuhkan HRD di era 2020 ini. Inilah 5 tren teknologi HRD  berdasar sistem HRIS saat ini yang perlu Anda ketahui:

1. SDM dengan lokasi & waktu kerja fleksibel
Saat ini, banyak karyawan yang mengidamkan sistem kerja lebih fleksibel. Sebab, melihat kondisi pasar dan tren saat ini, pemasaran sudah harus dilakukan dengan cara yang praktis dan lebih dekat dengan masyarakat.
Namun, permasalahan yang sering menghantui HRD adalah, bagaimana cara untuk memantau kinerja karyawan yang berada di berbagai lokasi atau memiliki mobilitas tinggi.

Karena itu, HRD harus mengaplikasikan absensi online untuk sistem kehadiran bagi karyawannya. Teknologi absensi online ini sudah banyak diaplikasikan oleh perusahaan karena manfaatnya yang berlimpah.

Selain lebih mudah, pemantauan terhadap kinerja karyawan di mana saja dan kapan saja juga lebih mudah serta akurat.  

2. Sistem rekrutmen jarak jauh
Terbiasalah dengan era sekarang yang dimudahkan dengan keberadaan internet. Berkas lamaran yang dulunya dikirimkan via ekspedisi ke kantor, kini sudah beralih menggunakan surat elektronik atau email.

Bahkan untuk melanjutkan proses rekrutmen, HRD bisa melakukannya via online. Misal, menggunakan aplikasi untuk melakukan wawancara online. Cukup dengan web cam atau video call, kini HRD bisa melakukan rekrutmen secara digital di depan PC/komputer saja.

3. Teknologi cloud
Anda harus menyadari bahwa teknologi cloud sangat dibutuhkan perusahaan, termasuk untuk perihal pengelolan sumber daya manusia (SDM). Secara garis besar, teknologi cloud adalah pengelolaan data yang berbasis internet.

Sehingga, data tersimpan aman pada suatu jaringan yang pada umumnya disebut cloud. Sudah banyak pengembang yang kini menyediakan layanan berbasis cloud ini. Bagian HRD akan lebih aman dan mudah mengelola sumber daya manusia (SDM). Hal ini tentunya membuat perusahaan menghemat biaya dan tenaga dalam pengelolaan SDM.

4. Serba mobile (berhubungan dengan ponsel)
Kita semua menyadari, bahwa segala hal yang kita lakukan pasti erat kaitannya dengan ponsel. Semua aktivitas kita, bahkan hamper 80 persen berada dalam satu genggaman. Hal ini juga berpengaruh pada tren HR masa kini, yakni melakukan monitoring karyawan menggunakan aplikasi mobile.

Kini HRD membutuhkan aplikasi mobile yang mempermudah kinerjanya dan karyawan perihal absensi. Dengan aplikasi mobile, karyawan mudah mengajukan cuti, lembur, hingga absensi via ponsel. Sedang bagi HRD sendiri, aplikasi mobile ini berguna untuk melakukan monitoring absensi, kinerja lapangan dan persetujuan berbagai hal (izin, cuti, sakit, absensi, scan GPS, dll) yang diajukan karyawan dengan cepat. Sehingga, pengelolaan data lebih akurat, cepat dan diakses secara real time (secara langsung sesuai waktu kejadian).

5. Komunikasi elektronik
Saat ini komunikasi lebih cepat dilakukan dalam satu wadah komunikasi elektronik. Banyak aplikasi perpesanan  yang digunakan perusahaan untuk melakukan komunikasi lebih cepat.

Karena itu, tren komunikasi saat ini adalah melalui wadah atau platform komunikasi elektronik. Perusahaan tinggal menentukan, aplikasi perpesanan apa yang diinginkan dan mereka sudah bisa melakukan komunikasi dengan cepat.
Meski demikian, ada beberapa kali pertemuan dan komunikasi yang harus dilakukan tatap muka untuk meminimalisir kesalahan komunikasi.

Bila Anda adalah seorang yang bekerja di bagian HRD, maka pastikan sudah mengikuti tren HR terkini ini.  Anda bisa mulai mengubah budaya kerja dan pengelolaan HRD di perusahaan Anda. Karena untuk  mempertahankan perusahaan dengan SDM yang baik adalah bisa mengaplikasikan berbagai hal secara dinamis, sesuai perkembangan zaman.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *