Dampak pandemi COVID-19 di sektor ekonomi tampaknya dirasakan betul bagi bisnis di sektor pariwisata dan perhotelan. Sejak awal menjangkitnya virus Corona di Indonesia hingga kini, kian menumbangkan bisnis perhotelan. Bahkan di beberapa situs marketplace bisa dengan mudah dijumpai informasi hotel yang dijual secara online.

Cash flow yang semakin parah dengan tingkat okupansi hotel yang masih berkisar 20% di masa pandemi membuat sejumlah hotel dijual murah bahkan tak sedikit pula yang tutup permanen.

Tentu hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Karena virus Corona merupakan virus global yang menghantam perekonomian dunia, sehingga banyak negara lain yang merasakan hal serupa. Namun, di tengah banyaknya hotel yang memilih langkah untuk dijual maupun ditutup permanen, masih dapat dijumpai juga beberapa hotel yang berani buka.

Di beberapa negara, hotel-hotel yang memilih untuk buka selama pandemi harus putar otak untuk menemukan cara agar ada tamu yang datang dan merasa nyaman ketika menginap di hotel meski di tengah pandemi dan hasilnya, tercetuslah berbagai layanan unik yang diberikan hotel pada tamunya.

Intip layanan unik hotel di berbagai negara selama pandemi yuk! Mungkin ada yang cocok untuk dijalankan di hotel Anda.

Fasilitas Medis
Sejumlah hotel yang ada di berbagai negara kini telah banyak yang memberikan fasilitas medis bagi tamu yang menginap di hotelnya. Bukan pelayanan medis biasa, namun perawatan medis layaknya perawatan kecantikan yang nyaman. Hotel The Palm di Dubai memberikan fasilitas kemudahan para tamunya untuk pengujian PCR gratis di kamarnya tanpa mengurus administrasi. Ada juga Casa de Campo Resort & Villas yang menjamin setiap tamunya dalam kondisi sehat dengan syarat menunjukkan bukti tes negatif yang disediakan oleh pihak penginapan dan menyediakan lantai khusus untuk tamu tersebut.

Kepercayaan tamu akan kesehatan para tamu lainnya yang datang ke hotel sangat lah penting demi rasa aman dan nyaman. Seluruh staf hotel sebaiknya juga menunjukkan bukti kondisi tubuhnya yang sehat dan negatif dari COVID-19. Misalnya dengan menggunakan software yang dapat digunakan untuk menunjukkan suhu tubuhnya untuk setiap tamu yang datang. Ini merupakan langkah efektif untuk membuat tamu hotel merasa aman dan nyaman dan betah untuk bersantai lama di hotel.

Akses Kamar Mudah dan Aman
Villa Copenhagen dari Preferred Hotel and Resorts yang ada di Denmark menyediakan layanan unik hotelnya dimana para tamu bisa mengakses kamar tanpa kunci, check-in jarak jauh, menyalakan Televisi dengan menggunakan ponselnya. Hanya dengan mengisi QR Code pada ponsel tamu sehingga ponsel pintar tamu tersebut bisa dijadikan remote control untuk berbagai aktivitas kenyamanan selama berada di hotel

Kemajuan teknologi ini jika dimanfaatkan dengan baik maka dapat membantu hotel dalam memberikan kemudahan dan keamanan bagi para tamu. Lengkapi keamanan dan kenyamanan tamu hotel dalam mengakses setiap ruangan dengan menggunakan Hotel Lock dari Fingerspot, karena:

  1. Tersedia dua pilihan kunci hotel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yaitu HL-100S dan HL-800T.
  2. Dilengkapi dengan aplikasi hotel manajemen sehingga dapat dihubungkan dengan database SQL Server atau Ms. Access.
  3. Mendukung fitur Family Room yang memudahkan orangtua untuk dapat mengakses kamar anak dengan satu kartu dan fitur area yang dapat memudahkan tamu untuk mengakses ruangan tanpa harus membuat kartu tambahan.
  4. Saat dalam keadaan darurat pintu tetap dapat dibuka dengan kunci manual.
  5. Multi pengguna dan pengaturan hak operator yang dapat diatur.
  6. Tersedia alarm sebagai pemberitahuan saat voltase baterai sedang lemah.

Beri Hadiah
Meski di masa pandemi, sebaiknya jangan terlalu pelit pada tamu. Manfaat budget marketing untuk memberikan hadiah pada tamu hotel agar mereka senang. Memberikan kesenangan pada tamu di masa pandemi yang sarat akan tekanan bisa membuat tamu merasa lebih nyaman dan Bahagia. Pada dasarnya, tamu berkunjung atau menginap di hotel untuk tujuan penyegaran. Pemberian hadiah pada tamu akanĀ  semakin melengkapi kebahagiaan mereka dan menimbulkan kesan tersendiri yang dirasakan tamu pada hotel tersebut.

Sebaiknya pilih hadiah yang juga memiliki nilai kesehatan, seperti memberikan masker, hand sanitizer dan sebagainya. Seperti yang dilakukan The Confidante Miami Beach yang menyuguhkan hand sanitizer aroma kelapa buatan seniman lokal. Ada pula The Bristol Hotel di Virginia yang memberikan masker wajah eksklusif buatan pabrik denim lokal, LC King yang ternama di Amerika.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *