Menjadi tenaga sekuriti atau satpam bukanlah profesi yang mudah dilakukan, dibutuhkan ketangguhan mental dan fisik berkaitan dengan tugas yang dilakukannya. Pengawasan maksimal adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap satpam, baik ketika bertugas sebagai satpam perumahan, perusahaan, pertokoan, maupun tempat-tempat lain yang membutuhkan pengawasan tinggi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diamati serta dijaga secara tertib dan teratur oleh satpam, yaitu:

1. Gerbang masuk dan keluar kendaraan.
Gerbang merupakan salah satu spot wajib bagi satpam untuk selalu diawasi. Setiap kendaraan yang keluar masuk gerbang harus diawasi, baik itu kendaraan dari pemilik rumah atau tempat usaha, tamu, ataupun karyawan. Satpam wajib menanyakan identitas dan kepentingan setiap tamu yang datang, bahkan jika diperlukan maka satpam juga harus melakukan penahanan terhadap tamu yang mencurigakan.

2. Tempat parkir kendaraan.
Kendaraan merupakan salah satu aset yang rawan pencurian. Oleh karenanya sangat penting bagi satpam untuk melakukan pengawasan terhadap area parkir. Jika CCTV dapat membantu melacak suatu kejadian yang terekam, maka berbeda halnya dengan satpam yang dapat membantu mencegah terjadinya tindak pencurian yang mungkin saja terjadi di area rumah atau tempat usaha yang sedang diawasi.

3. Area yang dipagari.
Area yang dipagari atau akses ruangan yang hanya dikhususkan bagi orang tertentu saja juga harus menjadi perhatian khusus bagi satpam untuk selalu diawasi. Tentu ada hal penting yang harus dijaga sehingga suatu area hanya boleh diakses oleh orang tertentu saja.

4. Gerak gerik mencurigakan
Gerak gerik mencurigakan dan tak biasa dari setiap orang yang beraktivitas di dekat area rumah atau tempat usaha tidak boleh luput dari pengawasan seorang satpam. Jika mendapati hal yang mencurigakan, maka satpam wajib melapor pada pemilik rumah atau pemilik tempat usaha sebagai tindakan preventif agar tidak terjadi kejahatan yang tidak diinginkan.

5. Kontrol seluruh pintu dan kunci
Pintu dengan kunci manual harus selalu dikontrol terutama saat rumah atau tepat usaha hendak ditutup. Seringkali terjadi lupa mengunci pintu yang bisa berakibat semakin tingginya kemungkinan terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian.

6. Instalasi listrik
Instalasi listrik juga merupakan hal vital untuk selalu diawasi. Kemungkinan bahaya yang ditimbulkan oleh masalah instalasi listrik bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, seorang satpam harus selalu mengawasinya secara berkala.

7. Area jalan sekitar, lorong, gang
Area luar perumahan atau perusahaan seperti lorong, gang dan jalanan sekitar harus selalu diawasi. Melakukan patroli dengan mengganti rute setiap harinya bisa dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya bahaya yang ditimbulkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa spot atau lokasi penting yang harus senantiasa diawasi satpam seperti yang telah diuraikan di atas pada kenyataannya tidak selalu mudah untuk dilakukan. Biasanya akan selalu ada beberapa lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau dan diawasi.

Pemantauan lokasi yang sulit oleh satpam baik di perumahan, kantor, maupun tempat usaha dapat menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Apalagi jika selama ini aktivitas penjagaan yang dilakukan hanya dicatat melalui kertas saja tanpa bukti apa pun. Sehingga apabila ada permasalahan penjaga tidak dapat menunjukkan bukti apakah sudah melakukan patroli atau belum.

Dengan menggunakan Fingerspot.iO dan App FiO maka aktivitas pemantauan patrol penjaga bisa dilakukan berdasarkan QR code untuk memindai Check Point / Spot dan posisi GPS dari ponsel penjaga. Selain itu dapat digunakan bersama mesin absensi yang tentunya memudahkan untuk pemantauan absensi satpam. Sehingga pemantauan dan pelaporan aktivitas dapat dilakukan secara realtime, dari mana saja dan kapan saja.

Lantas bagaimana Fingerspot.iO berkerja dalam pemantauan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *