Apakah Anda termasuk orang yang up-to-date? Tidak salah memang untuk menjadi seseorang yang selalu terdepan dalam mengikuti perkembangan zaman. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, apakah Anda benar-benar perlu untuk mengikuti suatu hal yang sedang tren? Apakah Anda memahami dengan baik mengenai tren tersebut? Apakah hal itu akan membawa manfaat? Dalam mengikuti sesuatu ada baiknya untuk membekali diri dengan berbagai informasi dan menimbang dengan matang apakah hal tersebut akan bermanfaat, setelah itu barulah dapat diputuskan akan mengikuti atau tidak.

Sama halnya dengan tren dunia kerja saat ini, dunia kerja di masa revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan internet yang semakin meluas, intens, dan masif yang membuat banyak orang kian mudah terhubung satu sama lain. Selain mempermudah komunikasi, meluasnya penggunaan internet ternyata juga mampu menghadirkan berbagai peluang usaha dan jenis pekerjaan yang dapat dijalankan secara tidak langsung atau tanpa harus bertatap muka. Bisnis online dan remote working kini menjadi tren pekerjaan yang semakin tumbuh subur di tengah arus kemajuan teknologi yang didukung koneksi internet yang semakin mudah dijangkau oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun. Terutama di tengah masa pandemi seperti saat ini. Semakin banyak orang yang memilih untuk menjalani pekerjaan yang lebih fleksibel dalam hal waktu dan tempat kerja.

Nah, sebelum memutuskan untuk mengikuti tren kerja ini, ada baiknya untuk memahami beberapa hal penting sebagai berikut:

Bisnis Online

Tingginya animo masyarakat terhadap pemenuhan aneka kebutuhan secara online membuat bisnis online semakin banyak ditekuni oleh berbagai kalangan masyarakat. meskipun di awal semua pekerjaan pada beberapa bisnis online bisa dikerjakan sendiri oleh owner, namun jika terdapat peningkatan permintaan tentu harus diimbangi dengan semakin tingginya produksi untuk memenuhi permintaan tersebut. Sebagai konsekuensinya, dengan menaikkan skala produksi, maka besar kemungkinan Anda akan membutuhkan penambahan karyawan, tak terkecuali karyawan lapangan seperti kurir, sopir dan sebagainya.

Remote Working

Dibandingkan dengan menekuni bisnis online mungkin ada diantara Anda yang lebih tertarik untuk melakukan remote working. Tipe pekerjaan fleksibel yang satu ini bisa dikatakan cukup menantang, karena seorang pekerja remote working harus bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab di bawah supervisi yang rendah. Beberapa profesi remote working yang paling sering dijumpai antara lain: wartawan, sales, security, digital marketing, surveyor, dan sebagainya.

Baik bisnis online maupun pekerjaan remote keduanya merupakan jenis pekerjaan yang sama-sama memberikan manfaat kebebasan dalam mengatur waktu dan tempat kerja, serta dapat meminimalisir kontak langsung dengan banyak orang demi mengurangi risiko penularan Covid-19. Meskipun fleksibel, pekerjaan ini tidak lantas bisa dilakukan secara sembarangan. Kedua jenis pekerjaan ini sama-sama membutuhkan profesionalitas dan kedisiplinan yang tinggi.

Para pemilik bisinis online maupun pemilik perusahaan yang membolehkan sebagian atau seluruh karyawannya untuk mengerjakan tugas secara remote atau jarak jauh harus tetap memperhatikan kedisiplinan kerja setiap karyawannya agar usaha dapat terus berjalan dengan baik dan semakin maju. Bukan hal yang mudah memang untuk mendisiplinkan karyawan dengan fleksibilitas kerja seperti ini. Penilaian kerja yang objective dan pemantauan lokasi karyawan adalah dua hal penting yang harus dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan absensi online sebagai solusinya.

Anda pasti sudah sering mendengar ‘absensi online’, yang merupakan salah satu bagian dari tren dunia kerja masa kini. Bukan hanya sekedar tren. Absensi online merupakan kebutuhan untuk menunjang sistem kerja yang ideal dalam situasi seperti sekarang ini, dimana banyak bisnis atau pekerjaan yang bisa dilakukan di luar kantor. Pilih absensi online yang terpercaya dan memiliki banyak fitur bermanfaat seperti yang ada pada Fingerspot.iO

Pada Fingerspot.iO Anda dapat memanfaatkan Fitur Pantau Lokasi Karyawan yang bermanfaat agar pemilik atau pimpinan perusahaan dapat memantau lokasi karyawan dalam bentuk timeline secara realtime di ponsel melalui App FiO, maupun di web Fingerspot.iO pada PC atau laptop.

Untuk melihat riwayat lokasi karyawan di App FiO, langkahnya adalah:

1. Pemilik atau pimpinan perusahaan masuk menu Daftar Karyawan di App FiO
2. Pilih karyawan yang ingin dilihat riwayat lokasi dari scan GPS karyawan saat bekerja.
3. Akan tampil riwayat lokasi kerja karyawan yang tersimpan di App FiO selama tiga hari terakhir dalam bentuk

Untuk melihat riwayat lokasi karyawan di web Fingerspot.iO, langkahnya adalah:

1. Manajemen perusahaan log-in di Fingerspot.iO
2. Pilih menu Laporan
3. Di dalam menu Laporan terdapat informasi detail scan GPS setiap karyawan. Manajemen perusahaan dapat menentukan range tanggal untuk melihat laporan scan GPS

Dengan Fingerspot.iO selain mendapatkan memanfaatkan Fitur Pantau Lokasi Karyawan  dapatkan juga promo SuperDeal Fingerspot.iO dengan berbagai keuntungan seperti GRATIS Voucher 1 juta, DISKON 50%, dan GRATIS Mesin Absensi WiFi*. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui layanan chat customer service online Fingerspot, atau datang langsung ke showroom Fingerspot terdekat di Kota Anda.

Lebih dari sebuah tren yang membuat perusahaan tampak lebih keren, dengan menggunakan absensi online Fingerspot.iO Anda juga akan mendapat manfaat yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kemudahan serta efektifitas dalam mendisiplinkan karyawan. Yuk, ikutan tren pakai absensi online!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *