Mungkin Anda sudah sering mendengar sistem cloud, layanan cloud hingga aplikasi cloud. Apalagi, pada era digital saat ini, sistem cloud akan sangat dibutuhkan.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui tentang cloud ini sendiri?

Secara garis besar, sistem cloud atau cloud computing (komputasi awan) merupakan server pengelola data yang menggunakan internet. Sistem cloud atau yang dikenal dengan cloud computing ini, merupakan gabungan dari pemanfaatan teknologi dalam suatu jaringan yang berbasis internet (awan). Dimana, cloud ini memiliki fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang sudah terkoneksi, dalam waktu yang sama. Teknologi komputer yang menggunakan sistem cloud ini, menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data dan aplikasi pengguna. Melalui sistem cloud, pengguna dapat menjalankan program tanpa instalasi dan dapat mengakses data pribadi mereka dengan akses internet.

Sebab itu, sistem cloud di era digital sangat bermanfaat dalam pengelolaan data bagi sebuah lembaga atau perusahaan. Karena, selain target pasar yang tercapai, ada hal yang harus diperhatikan dalam sebuah usaha. Yakni, sistem pengolahan data yang akan berdampak pada efektifitas kerja sebuah perusahaan.

Ada 8 alasan yang membuat sistem cloud atau cloud computing menjadi penting bagi perusahaan di berbagai bidang (sekolah, perdagangan, bank, UMKM, dan sebagainya) :

1. Fleksibel

Perusahaan mana yang tak ingin kinerjanya berjalan lebih efektif dan efisien?

Tentunya semua perusahaan menginginkan hal tersebut. Karena itu sistem cloud atau cloud computing ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Setiap karyawan dapat mengelola dan mengakses data dimana dan kapan pun, asal terhubung dengan koneksi internet.

2. Data tersimpan secara terpusat

Hal ini merupakan keunggulan yang kerap dijadikan alasan bagi pengguna sistem cloud atau cloud computing. Dimana, pengguna dapat menyimpan data secara terpusat pada satu server. Tentunya, sudah disediakan oleh penyedia layanan. Sebagai contoh, cloud service atau layanan cloud dari Fingerspot.

Dengan ini, pengguna tidak akan direpotkan dengan penyediaan infrastruktur, seperti media penyimpanan/storage hingga data center yang sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud.

3. Alat kontrol dokumen

Menggunakan sistem cloud atau cloud computing, akan mempermudah perusahaan dalam menggunakan dokumen secara bersamaan. Apalagi, bila perusahaan tersebut berskala besar dan memiliki banyak karyawan.

Pasti akan ada waktu, dimana karyawan membutuhkan dokumen yang sama secara bersamaan. Sebelum ada cloud, maka karyawan akan mengirim email berulang-ulang untuk setiap karyawan.

Hal ini memiliki resiko, terkait perubahan format dokumen tersebut. Seperti, format, judul, hingga tatanan konten dokumen yang bisa berantakan, saat diakses oleh komputer lain. Karena itu, sistem cloud atau cloud computing dokumen jadi lebih terkontrol dan aman.

4. Lebih aman

Perusahaan tidak akan lagi ambil pusing terkait keamanan data, saat menggunakan sistem cloud atau cloud computing ini.

Mengapa bisa lebih aman?

Sebab, data pengguna disimpan dengan aman melalui server yang sudah disediakan oleh penyedia cloud service dan layanan cloud. Hal ini menjamin keamanan data, seperti jaminan ISO, data pribadi, platform teknologi dan lain sebagainya.

5. Ruang penyimpanan (skalabilitas) tinggi

Uniknya lagi, dengan menggunakan sistem cloud atau cloud computing, para pengguna tak perlu lagi menambah skala ruang penyimpanannya.

Pengguna dapat dengan mudah menambah dan mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa membeli peralatan tambahan, salah satu contohnya hard disk. Sebab, pengguna dapat menyimpan semua datanya di internet (virtual) yang sudah  disediakan penyedia cloud service dan layanan cloud tersebut.

6. Interaksi lebih efisien

Karyawan akan lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi terkait kebutuhan data dan file. Hal ini akan berperan penting, terhadap perusahaan yang memiliki karyawan dengan mobilitas tinggi.

Contohnyapara ahli desain dan konstruksi sebuah perusahaan yang menghabiskan  sebagian besar waktu kerja mereka di berbagai wilayah. Perusahaan akan merasakan kinerja mereka yang lebih cepat dan efektif, karena mereka dapat dengan mudah memperoleh informasi, dokumen, dan catatan terkait pekerjaan mereka secara cepat dan aman.

7. Sistem pemulihan data yang terjangkau

Pada setiap perusahaan, baik berskala besar maupun kecil memang harus memiliki cara atau siaga untuk sistem pemulihan data yang tahan lama.

Namun hal tersebut, cukup menguras kantong perusahaan bukan?

Karena itu, saat ini banyak perusahaan di berbagai skala yang memanfaatkan cloud service dan layanan cloud untuk pemulihan data dengan harga terjangkau. Pengguna, bisa menggunakannya dengan anggaran yang hemat dan menerapkannya sebagai solusi ­back up data yang hemat waktu.

8. Investasi jangka panjang

Setiap perusahaan yang menggunakan cloud service dan layanan cloud, mungkin tidak sadar bahwa telah melakukan investasi jangka panjang.

Mengapa demikian?

Karena perusahaan akan menghemat banyak biaya, dimana mereka akan mengurangi pembelian inventaris. Seperti, hard disk, infrastruktur, hingga biaya royalti atas lisensi software tak perlu lagi dianggarkan. Perusahaan hanya cukup membayar biaya kompensasi per bulan, sesuai dengan ketetapan dari penyedia cloud service atau layanan cloud.

Hemat berkali-kali lipat bukan?

Tak heran bila sekarang, cloud service dan layanan cloud sangat dibutuhkan perusahaan.

Kategori: Tips Produk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *