4 Cara Login Mesin Absensi jika Adminnya Resign

Guna mengamankan mesin absensi sidik jari, wajah atau kartu, maka kita bisa menambahkan administrator pada mesin tersebut. Administrator inilah orang yang mempunyai akses ke dalam menu mesin secara keseluruhan. Seseorang yang telah didaftarkan sebagai admin akan dapat  menambah, menghapus, download, upload dan melakukan berbagai pengaturan yang lain.

Pada umumnya hanya ada satu orang yang dipercaya perusahaan untuk menjadi administrator mesin, tentunya dipilih orang yang ‘amanah’ alias bisa dipercaya. Jika tidak, maka orang tersebut dapat melakukan manipulasi dan menghapus data pada mesin. Tetapi bagaimana jika satu orang administrator ini kemudian resign dan belum sempat melimpahkan tanggung jawabnya ke karyawan lain? Jika terjadi hal seperti ini, maka kita akan kesulitan untuk login dan mengakses mesin. Lantas bagaimana cara login jika admin mesin absensi tersebut resign?

Berikut ini adalah 4 cara dan usaha antisipasi untuk bisa login kembali ke dalam mesin:

admin

1. Daftarkan lebih dari satu Administrator

Pada umumnya mesin absensi Fingerspot mengizinkan adanya lebih dari satu administrator. Tetapi tetap harus dibatasi, karena jika terlalu banyak maka akan lebih sulit untuk mengontrolnya. Dan sekali lagi, pilih yang ‘amanah’ atau dapat dipercaya.

2. Hapus atau ganti administrator di mesin dengan software

Pilih salah satu karyawan pengganti administrator tersebut, ubah hak aksesnya dari user ke admin. Lalu ubah hak akses administrator sebelumnya menjadi user lalu upload ke mesin.  Setelah dapat mengakses mesin, Anda bisa menghapus administrator lama atau dibiarkan saja jika ingin mempertahankan datanya. Yang terpenting adalah hak aksesnya sudah diubah ke user biasa.

3. Bawa ke service center

Ada kalanya Anda tidak bisa terkoneksi ke mesin kembali setelah ditinggal administrator. Hal ini bisa jadi karena dia tidak menginformasikan IP Address dari mesin. Sehingga software tidak bisa terkoneksi ke mesin.

Langkah pertama Anda bisa menggunakan tool seperti IP Scanner untuk mendeteksi IP Address dari mesin. Jika masih gagal, maka saatnya Anda membawa mesin ke service center terdekat. Teknisi di service center akan membuka hak akses untuk Anda ke mesin tersebut.

Adalah hal yang sangat melegakan jika vendor mesin absensi Anda mempunyai banyak service center, karena hal tersebut bisa menghemat biaya pengiriman dan waktu tentunya.

4. Menggunakan layanan Cloud

Dengan menggunakan layanan cloud, data Anda akan tersimpan di server. Jika administrator Anda resign, maka vendor layanan cloud tadi dapat membantu Anda untuk mengubah data dari server.

Demikian 4 cara untuk dapat login kembali ke mesin absensi jika administratornya resign. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *