Bukanlah menjadi perkara yang mudah bagi perusahaan yang mulai melakukan aktivitas kerja kembali saat New Normal. Sebab, perusahaan diharuskan mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dengan demikian perusahaan harus memastikan agar karyawan tetap mengikuti protokol kesehatan sebelum lingkungan kerja perusahaan menjadi tempat penularan Covid-19.

Salah satu cara yang efektif bagi perusahaan yaitu membatasi jumlah karyawan yang berada di tempat kerja. Sistem WFO atau bekerja dari kantor dan WFH atau bekerja dari rumah mulai diterapkan sebagai langkah yang efektif untuk membatasi jumlah karyawan di kantor. Sehingga jaga jarak antar karyawan dapat terjaga untuk menghindari penularan dari Covid-19 tentunya.

Akan tetapi apakah karyawan yang bekerja dari kantor (WFO) dan bekerja dari rumah (WFH) bisa tetap efektif?

Sebagai manajemen perusahaan Anda bisa memanfaatkan scan GPS di absensi online. Melalui fitur ini Anda bisa memastikan sistem kerja yang berbeda tetap efektif untuk meningkatkan maupun mempertahankan produktivitas karyawan. Simak 4 alasannya di bawah ini:

  1. Pantau lokasi karyawan dengan mudah. Manajemen perusahaan bisa dengan mudah memantau karyawan yang bekerja dari kantor maupun bekerja dari rumah melalui ponsel. Ini dikarenakan, karyawan melakukan absensi kehadiran dengan scan GPS & selfie di ponsel sesuai lokasi di mana karyawan berada. Terlebih lagi absensi karyawan akan tercatat secara Dengan demikian, manajemen perusahaan bisa memastikan lokasi melalui GPS dan foto lingkungan sekitar karyawan yang berada di kantor maupun di rumah.
  2. Kemudahan bagi sales canvassing. Sales canvassing merupakan karyawan yang selalu berpindah lokasi kerja. Terkadang kondisi ini menyulitkan atasan untuk memantau lokasi karyawan. Karyawan yang melakukan kunjungan kerja bisa melakukan scan kehadiran melalui ponsel dengan melakukan scan GPS dan memindai QR code lokasi kunjungan kerja karyawan yang sudah ditandai. Begitu pula, karyawan yang melakukan kunjungan kerja kemudian kembali ke rumah untuk melakukan kerja dari rumah.

  3. Informasi kinerja karyawan. Selain bisa memantau lokasi karyawan dengan scan GPS, atasan maupun manajemen perusahaan bisa mengetahui kinerja karyawan melalui scan Karyawan akan mendapatkan notifikasi broadcast untuk melaporkan hasil kerja. Kemudian, karyawan hanya perlu melakukan foto selfie, foto belakang hasil kerja, dan mengirimkan hasil kerja dengan berbagai format laporan seperti file PDF, Excel, JPG, dan lain-lain di ponsel. Nantinya, atasan akan menerima notifikasi laporan kerja karyawan melalui ponsel juga, sehingga bisa memberikan like (setuju) atau dislike (tidak menyetujui laporan). Sehingga, penilaian kinerja karyawan dapat dilakukan dengan lebih akurat. Atasan juga bisa melakukan revisi hasil kerja karyawan lebih awal sebelum kesalahan lebih lanjut terjadi.

  4. Memastikan kondisi kesehatan. Bukan hanya digunakan sebagai absensi, melalui scan GPS di ponsel, manajemen perusahaan atau atasan bisa memastikan kondisi kesehatan karyawan. Karyawan yang berada di kantor (WFO) bisa melaporkan hasil pengukuran suhu tubuh. Bagaimana caranya? Karyawan melakukan scan GPS dengan foto selfie saat dilakukan pengukuran suhu tubuh dan foto hasil suhu di layar thermogun melalui App FiO. Apabila karyawan yang memiliki suhu tubuh di atas batas normal dapat dianjurkan untuk bekerja dari rumah.

 Sangat bermanfaat bukan? Dengan 4 manfaat dari scan GPS di absensi online, manajemen perusahaan dapat dengan mudah memastikan kinerja karyawan yang bekerja dari kantor maupun rumah tetap produktif. Selain itu, manajemen perusahaan bisa menghindari kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *