Kawan, sudah pernahkah kalian mendengar jabatan management trainee? Beberapa dari kawan mungkin sudah tidak asing dengan salah satu jabatan ini. Nah, bagi kawan yang masih asing dengan jabatan ini jangan khawatir. Kali ini kita akan membahas apa itu management trainee, mulai dari pengertian, tugas-tugasnya, hingga skill apa sih yang perlu dimiliki seorang management trainee.

Apa Itu Management Trainee?

Mengutip Gramedia, management trainee atau MT adalah suatu program pelatihan manajemen yang berguna untuk mendapatkan seorang kandidat tepat yang memiliki potensi dan kemampuan untuk menempati posisi manajerial.

Dalam program ini kandidat akan mempelajari dan mengamati jalannya bisnis. Dari sini pengetahuan dan pengalaman mereka bertambah luas sehingga kemampuan semakin mahir dan dapat profesional sesuai divisi. Karyawan yang masuk melalui management trainee memiliki peluang mendapatkan jenjang karir yang lebih cepat.

Umumnya, posisi management trainee diperuntukkan bagi para fresh graduate. Mengapa tidak karyawan lama saja? Hal ini dikarenakan fresh graduate terkadang belum memiliki pengalaman di dunia kerja, khususnya posisi manajerial.

Perlu diketahui, jika istilah MT di setiap perusahaan bisa saja berbeda. Misalkan PT Telkom dengan Great People Trainee Program (GPTP), Unilever dengan Unilever Future Leaders Program (UFLP), hingga Bank BCA dengan Management Development Program (MDP).

Proses Rekrutmen Management Trainee

Proses rekrutmen program Management Trainee membutuhkan waktu yang panjang dan dapat mencapai 2-3 bulan, tergantung dari kebijakan perusahaan ditempat. Terkadang ada perusahaan yang melakukan program ini berbulan-bulan bahkan tahunan.

Dalam program MT ini kandidat tidak hanya belajar teori saja, mereka juga melakukan praktik kerja atau yang bisa kita kenal sebagai On Job Training (OJT).

Management Trainee apakah sama dengan Internship ?

Tentunya berbeda. Perbedaan antara management trainee dan internship terletak dari status kepegawaian. Meski keduanya adalah sama-sama program pelatihan kerja, seorang MT hampir setara dengan karyawan karena tetap menerima gaji bulanan, tunjangan dan asuransi. Sedangkan internship pada umumnya hanya menerima insentif.

Persyaratan Menjadi Management Trainee

  1. Memiliki kemampuan dalam memimpin perorangan atau organisasi.
  2. Memiliki kemampuan problem solving
  3. Komunikasi yang baik
  4. Mampu berbahasa asing
  5. Mampu beradaptasi dengan lingkungan baru
  6. Mampu dalam mengendalikan emosi
  7. Berpikir matang dan profesional dalam mengambil tindakan
  8. Umumnya memiliki gelar manajemen atau bisnis

Tugas Management Trainee

Biasanya MT bekerja dibawah bimbingan manajer.  Selain itu, manajer juga orang yang memberikan penilaian kepada MT. Karena itu bukan hal yang aneh jika tuas MT bisa dibilang cukup berat daripada karyawan lainnya. Berikut tugas dan tanggung jawab dari management trainee :

  1. Berkolaborasi dengan manajer dalam merancang output pekerjaan.
  2. Membantu proses pembuatan dan pengembangan peraturan perusahaan.
  3. Mengevaluasi performa kerja karyawan.
  4. Mensupervisi progres pekerjaan karyawan lain.
  5. Memberikan instruksi tentang berbagai topik di masing-masing departemen perusahaan.
  6. Belajar akan cara menyelesaikan konflik yang efektif.
  7. Mengembangkan pengetahuan, pengalaman, dan perspektif dengan bekerja di berbagai departemen perusahaan.
  8. Berpartisipasi dalam semua tahap perekrutan karyawan baru, mulai dari wawancara hingga onboarding.
  9. Menganalisis laporan perusahaan.
  10. Bekerja dengan klien.
  11. Mendengarkan masukan dari karyawan lain.

 

Kawan, ini tadi penjelasan apa itu management trainee. Informasi tipis-tipis kegiatan manajemen perusahaan juga bisa lebih efisien dengan absensi online fingerspot.io. Bukan hanya mempermudah dalam mengelola absensi kehadiran sampai ke rekapitulasi data absensi, dengan absensi online fingerspot.io bos pun bisa tahu absensi kehadiran karyawan setiap harinya dan progress kerja karyawan dari ponsel dengan mobile app fingerspot.io. Penasaran seperti apa sistemnya? Klik disini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *